RICKY/RADAR DEPOK GUNTING PITA:  Ketua Bawaslu Jabar, Hermanus Koto didampingi Komisioner Panwaslu Kota Depok dan Ketua KPU Kota Depok saat menggunting pita dalam launching Pojok Pengawasan di kantor Sekretariat Panwaslu Kota Depok di Jalan Raya Citayam Nomor 45 Kelurahan Ratujaya, Cipayung, Rabu (27/12).
RICKY/RADAR DEPOK
GUNTING PITA:  Ketua Bawaslu Jabar, Hermanus Koto didampingi Komisioner Panwaslu Kota Depok dan Ketua KPU Kota Depok saat menggunting pita dalam launching Pojok Pengawasan di kantor Sekretariat Panwaslu Kota Depok di Jalan Raya Citayam Nomor 45 Kelurahan Ratujaya, Cipayung, Rabu (27/12).

DEPOK – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar, Hermanus Koto meminta masyarakat dari semua elemen untuk hadir dan memanfaatkan Pojok Pengawasan yang tersebar di 27 kabupaten/kota se-Jabar.

Di Depok sendiri, Pojok Pengawasan yang terdapat di  kantor Sekretariat Panwaslu Kota Depok di Jalan Raya Citayam Nomor 45 Kelurahan Ratujaya, Cipayung, Rabu (27/12).

“Seluruh pimpinan hingga staf yang ada di situ bisa bersama-sama berdiskusi dan membedah mengenai kepemiluan, pengawasan, bagaimana pencegahan dan melaporkan ketika terjadi pengawasan. tinggal masyakaratnya menyiapakan waktunya untuk hal yang kami siapkan di kabupaten/kota. Kemudian, nanti akan diteruskan di tingkat kecamatan dengan forum warga,” tutur Hermanus saat diwawancara Radar Depok.

Ia mengungkapkan, Pojok Pengawasan di kantor Bawaslu Jabar yang diresmikan akhir November kemarin, sudah mulai dimanfaatkan masyarakat untuk mengenal Pemilu lebih jauh dan berdiskusi dengan seluruh komponen yang ada di Bawaslu.

“Sudah ada beberapa mahasiswa, yang konsen terhadap pemilu. Jadi kami tidak menerimanya lagi di ruang-ruang yang ekslusif. Di situ kita bicarakan tentang kepemiluan,” ungkap Hermanus.

Di tatanan kecamatan pun, nantinya akan dibentuk forum warga oleh Panwasca,  dimana nantinya masyarakat tidak lagi tabu berbicara mengenai kepemiluan. Tidak lagi kepemiluan itu menghantui masyarakat pemilih, pemilu itu boleh didiskusikan dan diskursuskan hari demi hari apakah itu menyangkut masalah visi dan misi program calon atau berboicara tentang aturan dan perundang-undangan mengenai kepemiluan.

“Sehingga Pemilu ini menjadi wacana sehari-hari untuk masyarakat pemilih,” tandasnya.

Sementara Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Slamet Permana mengatakan, pihaknya akan menggaungkan keberadaan Pojok Pengawasan yang lokasinya ada di kantor Sekretariat Panwaslu Kota Depok.

“Sejak di Launcing dan pra launcing pun kami pun sudah meminta rekan-rekan dari Panwascam untuk mensosialisasikan Pojok Pengawasan ini. Kami membuka seluas-luasnya untuk masyarakat yang ingin berkunjung ke sini,” ucap Dede. (cky)