DICKY/RADARDEPOK SIAGA: BTB Kota Depok bersama dengan sejumlah Muspida Kota Depok, usai pengukuhan BTB Kota Depok, di wilayah Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Rabu (27/12).
DICKY/RADARDEPOK
SIAGA: BTB Kota Depok bersama dengan sejumlah Muspida Kota Depok, usai pengukuhan BTB Kota Depok, di wilayah Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Rabu (27/12).

DEPOK – Membantu masyarakat Kota Depok yang terkena musibah bencana alam, Baznas Tanggap Bencana (BTB) akan berusaha meminimalisir bencana. Hal itu dilakukan usai dikukuhkan BTB di wilayah Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Rabu (27/12).

Koordinator BTB Kota Depok, Kristanto mengatakan, BTB merupakan salah satu bentukan Baznas Kota Depok dalam membantu Pemkot Depok maupun masyarakat yang terkena musibah bencana. Namun, BTB akan bertugas dalam pengurangan resiko bencana.

“BTB baru terbentuk dan akan segera berkoordinasi dengan Pemkot Depok dan stake holder lainnya,” ujar Kristanto kepada Radar Depok.

Kristanto menjelaskan, saat ini BTB Kota Depok baru memiliki 17 anggota dan akan melakukan pembentukan BTB di 11 Kecamatan dan 63 Kelurahan, dengan merekrut sejumlah relawan dari pemuda maupun masyarakat di Kota Depok. Sesuai dengan misinya, BTB akan melakukan pencegahan bencana dengan melakukan edukasi kepada masyarakat.

Untuk tanggap darurat, lanjut Kristanto BTB akan bekerja sebagai pendukung kesatuan tanggap darurat lainnya, seperti Tagana, BNPB, maupun organisasi lainnya. BTB akan membantu dalam bentuk pendistribusian logistik ditempat bencana.

“Tugas kami berbentuk mensupport kesatuan tanggap bencana lain dilapangan,” terang Kristanto.

Kristanto menuturkan, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) BTB, pihaknya telah bekerjasama dengan Tim SAR dan BNPB dalam pemberian materi tentang penanganan ditempat bencana.

“Kedepannya kami akan terus mengembangkan anggota dan terus berkoordinasi dengan Pemkot Depok,” tutup Kristanto. (dic)