Febrina/Radar Depok SINERGI : Mafindo Chapter Kota Depok saat menggelar kegiatan beberapa waktu lalu soal edukasi penggunaan hape.

Febrina/Radar Depok SINERGI : Mafindo Chapter Kota Depok saat menggelar kegiatan beberapa waktu lalu soal edukasi penggunaan hape.

Mafindo Chapter Depok sebagai relawan yang memang goal-nya mencegah tersebarnya hoax. Selalu rutin roadshow untuk melakukan edukasi soal informasi yang belum tentu kebenarannya. Selain itu, juga melakukan advokasi bahaya hoax, perlu identifikasi sehingga ada beberapa tim pack ceckher yang tugasnya mengecek apakah itu berita benar atau tidak.

LAPORAN : FEBRINA

 

Mafindo bekerjasama dengan google, facebook dan twitter dalam menelaah informasi yang diberikan, sehingga tidak berkepanjangan jika tidak benar. Biasanya informasi yang masuk dari netizen langsung bisa dicek kebenarannya. Dan bisa langsung memutus rangkaian penyebaran berita tidak benar jika memang tidak terbukti kebenarannya.

“Kami disini tidak hanya mengedukasi soal berita hoax, namun juga tentang edukasi internet sehat. Sehingga orangtua dan anak-anak bisa bijak dalam bermedia sosial,” ujar Koordinator Mafindo Chapter Depok, Dariah Suhaedi.

Dariah menuturkan, masyakarat diedukasi bagaimana menangkal informasi hoax, fitnah atau hasutan yang diberikan penjelasannya oleh tim dari Mafindo Chapter Depok. Masyarakat bisa lebih cerdas menyaring sebuah informasi sebelum melakukan sharing.

Sasarannya, yaitu para orangtua maupun anak anak diusahakan hadir pada setiap kesempatan. Setiap sosialisasi juga langsung dipraktekkan dengan membongkar isi contoh berita hoax jadi jangan langsung melakukan share info. ‚ÄúDisini setiap info yang diterima jangan langsung disharing tapi disaring dulu,” tutupnya. (*)