AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK DIDUGA MENIMBUN : Petugas dari Kepolisian dan Satpol PP Kota Depok sedang memeriksa tabung-tabung gas elpiji yang diduga ditimbun di kawasan Jalan Bojong Binong, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Kamis (21/12).
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
DIDUGA MENIMBUN : Petugas dari Kepolisian dan Satpol PP Kota Depok sedang memeriksa tabung-tabung gas elpiji yang diduga ditimbun di kawasan Jalan Bojong Binong, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Kamis (21/12).

DEPOK-Ini jelas sudah harus ditindak tegas oleh aparat berwenang. Keladinya, selain diduga telah melakukan gas oplosan. Gudang gas di Jalan Bojong Binong RT2/01, Kelurahan Leuwinangung, Tapos ternyata tidak memiliki izin alias ilegal.

“Belum ada izinya gudang gas elpiji itu,” kata Camat Tapos, Muchsin Mawardi, kepada Radar Depok, kemarin.

Adanya gudang gas oplosan, kata dia didapat informasi dari warga bahwa ada kegiatan tersebut. “Kami sudah melaporkan ke OPD terkait. Walhasil, direspon dengan adanya operasi gabungan,” ulasnya.

Terpisah, Ketua Hiswana Migas Kota Depok, Muhammad Athar menyebutkan, gudang yang diduga melakukan oplosan tersebut tidak ada izinya di Hiswana Migas Depok. Sebab, gudang tersebut bukan agen atau pangkalan resmi.

“Karena tidak memiliki identitas apapun dan juga tidak memiliki Izin, atau surat kontrak agen atau pangkalan. Tidak ada datanya di kami, sepertinya ilegal dan hanya statusnya pengepul,” kata Athar.

Kendati demikian, Hiswana Migas Depok tidak memiliki wewenang untuk menindak gudang yang diduga mengoplos gas elpiji tersebut. “Hiswana hanya melaksanakan tugas dalam membantu pemerintah dan Pertamina dalam penyaluran saja,” pungkasnya.

Sebelumnya, gudang di RT2/1 Kelurahan Leuwinanggung, Tapos digerebek tim monitoring Pemkot Depok, Polresta, dan Kodim 0508 Depok. Hasilnya, kuat dugaan gudang yang tertutup tersebut telah pengoplosan gas subsidi ke non subsidi.

Pantauan Harian Radar Depok, tidak ditemukan alat pengoplosan. Tapi, ditemukan ribuan tabung gas ukuran 3 kilogram bersubsidi yang masih diatas mobil pick up di depan rumah yang dijadikan gudang. Lalugas 12 kilogram dan 40 kilogram tersusun rapih di dalam dan di luar gudang. Tidak hanya di satu tempat yang dijadikan gudang penyimpanan tabung gas. Lokasi lainya juga didapati jejeran tabung gas yang tidak jauh jaraknya. Diperkirakan ada tiga tempat yang dijadikan tempat penyimpanan gas. (irw)