INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK OPERASI : Suasana Operasi Pasar oleh Polresta Depok di Pasar Kemiri Muka, Kamis (28/12).
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
OPERASI : Suasana Operasi Pasar oleh Polresta Depok di Pasar Kemiri Muka, Kamis (28/12).

DEPOK – Kenaikan harga bahan pokok di pasar-pasar menurut Anggota Komisi B DPRD Kota Depok Yuli Indriani adalah hal yang wajar, apalagi menjelang akhir tahun. Dirinya pun sudah turun ke pasar untuk mengetahui harga-harga kebutuhan pokok, dan benar saja didapati beberapa bahan pokok naik harganya.

“Saya rasa seluruh warga pasti sudah paham, akan ada kenaikan harga bahan pokok di pasar memasuki Natal dan Tahun Baru ini, dan kenaikan tersebut wajar,” ucapnya saat dihubungi melalui seluler.

Namun demikian, menurutnya pemerintah tidak akan tinggal diam dalam menghadapi kenaikian harga bahan pokok tersebut. Dia mengatakan Komisi B DPRD Kota Depok akan terus melakukan pengawasan terhadap harga bahan pokok di Kota Depok.

“Bukan hanya harga saja yang kami awasi, kualitas bahan pokok juga kami perhatikan,” ucapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, untuk mengantisipasi kembali melonjaknya harga bahan pokok di Kota Depok, dia menyarankan agar Pemkot Depok menjaga ketersediaan bahan pokok di seluruh pasar, dan memastikan tidak ada hambatan pendistribusianya serta melakukan subsidi yang merata ke warga.

“Sesuai prinsip ekonomi, kalau permintaan dan jumlah ketersediaan barang seimbang, pasti tidak akan terjadi peningkatan harga bahan pokok,” tutupnya.

Sementara itu, Kamis (28/12) Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polresta Depok melaksanakan sidak bahan sembako dalam rangka memonitoring harga pangan. Pelaksanaan sidak tersebut dilakukan di Pasar Kemiri Muka, Kecamatan Beji.

Kasat Reskrim Polresta Depok, Kompol Putu Kholis Aryana mengatakan, pengecekan harga sembako kali ini merupakan salah satu cara Polresta Depok dalam mengantisipasi kenaikan harga menjelang Tahun Baru 2018. Pengecekan ini secara rutin digelar, guna menghindari penimbunan sembako yang berakibat pada kelangkaan sembako.

“Untuk di Pasar Kemiri Muka harga sembako seperti harga beras, minyak goreng curah, ayam dan telur ayam mengalami penurunan. Sedangkan harga cabai relatif naik namun secara keseluruhan harga sembako di Pasar Kemiri muka relatif stabil,” tuturnya.

Lebih lanjut, ucapnya, saat ini pasokan sembako di Kota Depok terbilang masih mencukupi hingga menjelang 2018, karena beberapa agen maupun pasar yang sudah didatangi oleh Polresta Depok cukup aman. Selain melakukan pengecekan harga, pihaknya juga melakukan uji coba kadaluarsa yang didampingi oleh dinas terkait.

“Kami akan terus lakukan kordinasi dengan Pemkot Depok maupun instansi terkait antisipasi harga sembako agar terus stabil hingga 2018,” pungkasnya. (cr1)