Beranda Pendidikan LKP Melati Tempat Ujikom

LKP Melati Tempat Ujikom

0
LKP Melati Tempat Ujikom
IST KETERAMPILAN: Peserta didik di LKP Melati sedang mengikuti pelatihan tentang bagaimana menjahit yang baik dan benar.
IST KETERAMPILAN: Peserta didik di LKP Melati sedang mengikuti pelatihan tentang bagaimana menjahit yang baik dan benar.

DEPOK – Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Melati yang berlokasi di Jalan Burangrang V, No.11, Kecamatan Sukmajaya menjadi satu-satunya lokasi tempat uji komepetensi (Ujikom) bidang tata busana. Tetapi, untuk pengadaan Ujikom, pihak LKP Melati tidak menentu untuk pengadaannya, tetapi ditargetkan waktu pengadaannya selalu di awal tahun.

Pimpinan LKP Melati, Efril Fouridina mengatakan, LKP yang didirikan pada tahun 2000 tersebut, memang konsen dalam hal menjahit pakaian, tetapi terpusatkan untuk kalangan wanita dan anak. Dengan menjadi tempat Ujikom, menjadikan LKP Melati kerap menjadi tempat dari beberapa LKP bidang menjahit di Kota Depok, sebagai tempat untuk mendapatkan sertifikat Ujikom.

“Sertifikat tersebut, menjadi tempat untuk modal seseorang untuk terjun ke dunia kerja dalam hal menjahit,” ucapnya kepada Radar Depok.

Efril menjelaskan, ketrampilan menjahit memang masih awam di kalangan masyarakat, karena mereka lebih terfokuskan untuk mendesain. Padahal, dengan bisa menjahit sendiri, tentunya hasil yang ingin dicapai akan lebih maksimal. Karena, lebih bisa berinovasi dengan hasil karya menjahitnya.

“Keterampilan menjahit masih dalam kalangan orang yang sudah berusia lebih. Masih kurang diminati oleh kalangan muda. Padahal, dengan memiliki ketrampilan menjahit, mereka tidak hanya sekedar menjadi desainer, tetapi juga memiliki ketrampilan menghasilkan baju,” jelasnya.

Efril menuturkan, awal orang tuanya, yakni Dwi Wahyuni mendirikan LKP Melati, karena memang memiliki dasar pengetahuannya. Lalu, untuk memberikan pengetahuan kepada orang-orang tentang bagaimana menjahit pakaian yang baik dan benar, sehingga memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

“Dengan menjahit, bisa menambah penghasilan perekonomian keluarga. Karena, biasanya orang akan lebih senang menjahit pakaiannya, ketimbang membeli. Dengan begitu, hasilnya akan sesuai dengan keinginan dari orang yang memesannya,” jelasnya. (peb)