Melihat Aktivitas Ikatan Alumni Sabhawana

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
PEDULI : Pengurus IAS memberikan sertifikat kepada para narsum usai kegiatan seminar di Jakarta.

Ikatan Alumni Sabhawana atau biasa disingkat IAS memiliki kegiatan yang positif, selain bersilaturahmi dengan sesama anggota, mereka juga mengadakan seminar bertemakan lingkungan dan menghadirkan narasumber (Narsum) yang kompeten di bidangnya.

LAPORAN: Ricky Juliansyah

Ecogreen Friendly atau Ramah Lingkungan sedang menjadi trend di masyarakat. Bahkan masyarakat mulai mencari kesibukan, kegiatan di alam bebas sebagai pengganti hiburan di kota.

Bahkan tidak menutup kemungkinan saat ini alam bebas menjadi suatu kebutuhan, sehingga banyak yang memilih alam untuk berpartisipasi dalam Eco Tourism atau Eco Wisata. Begitu juga dengan pihak industri, yang kini lebih ramah lingkungan dengan menggunakan nuansa hijau, dari Green Economy sampai Green Technology.

Ikatan Alumni Sabhawana (IAS) yang saat ini peduli dengan lingkungan mengadakan seminar yang diharapkan masyarakat dapat peduli dengan alam dan juga burung.

Seminar sendiri mendatangkan pembicara yang saat ini terbilang peduli dengan lingkungan alam, serta hutan berikut isinya, sebut saja Ferry Hasudungan dari Burung Indonesia, Aden Mahyar Burhanuddin, Robi Rizki Zatnika dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan  Teguh dari Ecotourism Specialist.

Terkait alam yang digagas oleh Asgar H Sjarfi, yang saat ini menjabat Ketua Umum IAS, diharapkan agar masyarakat dapat bersama-sama menjaga alam serta isinya.

“Menjaga alam itu tidak perlu ke hutan, tapi cukup dimulai dengan menjaga alam yang ada di sekeliling kita terlebih dahulu, seiring kepenatan hidup di kota, masyarakat tetap masih dapat menghirup udara segar dengan berwisata ke alam yang memiliki nuansa hijau, sehingga kita harus melestarikannya bersama-sama,” ucap Asgar.

Kegiatan Ecogreen Friendly, dilakukan karena beberapa sebab, diantaranya panggilan jiwa atau panggilan nurani manusia yang hendak kembali kealam, atau merupakan tindakan manusia untuk bertahan hidup (survive) dari kerusakan ekosistem di alam yang sudah terjadi, dalam menjawab masa depan pada bumi.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa penemu bintang-bintang baru yang digunakan namanya sebagai nama bintang tersebut, kebanyakan justru bukan merupakan astronom professional, melainkan hanya astronoma matir, yang kebetulan memang suka mengamati bintang.

Filosofi pemerhati burung (birdwatch) adalah melakukan kegiatan yang mendukung gagasan tentang “Ecogreen Friendly”. Birdwatch dapat di kategorikan dalam kegiatan mencintai lingkungan, karena burung tidak dimasukkan kedalam kandang, dan mendorong masyarakat agar tidak mengadakan perdagangan satwa yang dilindungi, di antaranya burung.

Dengan adanya para ahli sebagai konsultan kegiatan birdwatch, maka di pastikan kegiatan ini termasuk “Eco Tourism”, dan mampu mendukung program pemerintah dalam memperkenalkan Indonesia di “Wonderful Indonesia”, serta merupakan hobi yang hijau, ilmiah, dan sportif.

Di akhir seminar ini (IAS) juga memberikan penghargaan sebagai tanda terima kasih karena sudah bersedia untuk berpartisipasi menjadi narasumber terkait dengan yang kita perlukan dalam merawat alam.

Kini memang masyarakat harus lebih mengenal kegiatan birdwatch, lantaran mereka mendapatkan filosofi kegiatan tersebut, yaitu menjaga dan mencintai lingkungannya dan juga isinya. (*)

You may also read!

ilustrasi penemuan obat korona

Import Case Jadi Biang Kerok Penyebaran Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Penyebaran Covid-19 di Kota Depok belum berhenti. Penyebab penyebaran Covid-19 berasal dari

Read More...
idris imam pradi afifah

Seperti ‘El Clasico’, Negative Campaign Boleh, Black Campaign Jangan

Muhammad Idris - Imam Budi Hartono dan Pradi Supriatna - Aifah Alia. GRAFIS : BUDI/RADAR

Read More...
Juru Bicara TGTPPC Kota Depok, Dadang Wihana.

Ternyata Ini yang Positif di Kecamatan Cipayung

Juru Bicara TGTPPC Kota Depok, Dadang Wihana.   RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG - Ternyata ditutupnya Kantor Kecamatan Cipayung akibat

Read More...

Mobile Sliding Menu