Beranda Satelit Depok Mendangkal, Warga Gotong Royong Angkati Lumpur

Mendangkal, Warga Gotong Royong Angkati Lumpur

0
Mendangkal, Warga Gotong Royong Angkati Lumpur
INDRA SIREGAR/ RADAR DEPOK MENGGALI: Suasana gotong royong di dalam Kali Basis, RW03, Kelurahan Kukusan

 

INDRA SIREGAR/ RADAR DEPOK MENGGALI: Suasana gotong royong di dalam Kali Basis, RW03, Kelurahan Kukusan

Sebagian besar wilayah di Kota Depok dilintasi oleh kali. Keberadaan kali di kota depok disatu sisi bisa berdampak positif bagi lingkungan, namun juga terkadang bisa menimbulkan dampak negatif, jika tidak dijaga. Sadar akan pentingnya menjaga kebersihan kali, Warga RW3, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji bahu – membahu membersihkan Kali Basis di lingkungan mereka.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

 

Di sebuah kali yang cukup besar di bilangan RW3, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji tampak sekumpulan lelaki sedang turun ke kali yang dikenal dengan nama Kali Basis oleh warga setempat.

Diantara lelaki yang sedang bergerombol di dalam kali tersebut, terlihat seorang pria yang dikenal sebagai Ketua RT3/3, Kelurahan Kukusan, yaitu Ahmad Sahrowi. Sambil ikut terjun ke dalam kali . Ahmad Sahrowi mengatakan, mereka sedang bergotongroyong membersihkan Kali Basis yang sudah sangat kotor dan mengalami pendangkalan.

“Kami mengangkati lumpur dan membuangnya keluar dari kali serta memunguti sampah yang ada di sekitar kali, supaya kalinya bisa bertambah dalam,” ucapnya.

Dia menambahkan, sejak terjadinya pendangkalan kali, wilayah mereka kerap mengalami banjir, karena air kali tersebut meluap. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk menambah kedalaman kali dengan cara manual.

“Warga yang turun dari RT3, 4,dan RT1 RW3, Kelurahan Kukusan,” ucapnya.

Dia berharap, agar jangan ada lagi warga yang membuang sampah ke Kali Basis, karena selain dapat mengotori kali, juga mengakibatkan banjir yang merugikan warga sekitar.

“Jadi kalau membuang sampah ke kali, berarti lagi menabung bencana untuk lingkungan. Jadi, jangan buang sampah ke kali,” jelasnya. (*)