RICKY/RADAR DEPOK PROSES: Ketua dan Komisioner Panwaslu Kota Depok berpose di Pojok Pengawasan yang dibuat di Sekretariat Panwaslu Kota Depok.

 

RICKY/RADAR DEPOK
PROSES: Ketua dan Komisioner Panwaslu Kota Depok berpose di Pojok Pengawasan yang dibuat di Sekretariat Panwaslu Kota Depok.

DEPOK –  Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok bakal meluncurkan Pojok Pengawasan di sekretariatnya, di Jalan Raya Citayam Nomor 45, RT03/06 Kelurahan Ratujaya, Cipayung.

“Tujuan dibentuknya Pojok Pengawasan agar masyarakat Kota Depok dapat semaksimal mungkin mengawal proses pemilu,” tutur Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Slamet Permana kepada Radar Depok, Senin (25/12).

Kata dia, lewat Pojok Pengawasan, masyarakat pemilih bisa berdiskusi dan bertukar pikiran tentang pengawasan Pilkada di Jabar. Sehingga, proses pesta demokrasi ini bisa berlangsung sesuai keinginan bersama.

“Kalau ada ide bisa ngobrol lebih santai di sini. Ini jadi tempat diskusi dan bertukar pikiran. Jadi tidak melulu formal dalam bentuk rapat,” ucapnya.

Dede menambahkan, Pojok Pengawasan ini adalah instruksi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Nantinya dalam Pojok Pengawasan ini akan dilengkapi dengan fasilitas, buku bacaan terkait kepemiluan, multimedia (slideshow, video, lagu) tentang pengawasan Pemilu, foto boot untuk berfoto dan juga ada kursi untuk duduk.

“Ini untuk diskusi kecil. Intinya kita mengajak partisipasi masyarakat dalam pengawasan di Pilgub Jabar nanti,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan kalau selama ini pihak sudah mengajak berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam membantu Panwaslu Kota Depok dari sisi pengawasan. Sebab, tanpa peran serta masyarakat, pengawasan jalannya Pilgub tidak akan maksimal.

“Kami pun sudah menggandeng beberapa komunitas melalui sosialisasi dan lain sebagainya. Pojok Pengawasan sendiri adalah salah satu metode partisipatif selain sosial media dan relawan pengawas pemilu,” tandasnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Kota Depok, Andriansyah menambahkan, saat ini Pojok Pengawasan sedang dalam tahap perapihan dan belum rampung 100 persen.

“Rabu, Insya Allah akan dilaunching dan diresmikan oleh Bawaslu Jabar. Nanti undangan resmi menyusul Senin atau Selasa,” tukas Andriansyah. (cky)