IST MANIS : Ketiga bayi kembar yang berhasil dilahirkan oleh seorang ibu bernama Euis Diana (21). Diketahui ketiga anak tersebut memiliki jenis kelamin yang berbeda beda.
IST MANIS : Ketiga bayi kembar yang berhasil dilahirkan oleh seorang ibu bernama Euis Diana (21). Diketahui ketiga anak tersebut memiliki jenis kelamin yang berbeda beda.

DEPOK–Kejadian yang diluar dugaan terjadi di Kota Depok. RSUD Kota Depok membantu persalinan seorang ibu yang melahirkan tiga orang anak kembar yang kesemuanya memliki jenis kelamin berbeda-beda, pada Jumat (22/12).

Sang suami, Fery Felani (32) mengatakan, ia sangat bahagia dan sangat tidak menyangka kalau didalam rahim istrinya telah hidup tiga orang anak sekaligus dalam satu waktu, terlebih ketiga anaknya pun memiliki jenis kelamin berbeda.

“Kami tidak ada firasat apa-apa sebelum mengetahui bahwa bayi yang dikandung istri saya ada tiga orang, merupakan  kebesaran Allah SWT,” kata warga Kampung Lio, Bojong Pondok Terong, Cipayung tersebut.

Usai melahirkan secara cesar, ketiga anak kembar tersebut langsung diberinma Zahira untuk anak peratama berjenis kelamin wanita, Zahra untuk anak kedua yang juga wanita dan Zahran untuk anak ketiga berjenis kelamin laki-laki. “Ketiga anak saya tersebut lahir sebelum Salat Jumat sekitar Pukul 10:00,” katanya.

Lebih jauh Fery menambahkan, sejak mengandung dia rutin mengajak sang istri Euis Diana (21), melakukan kontrol kesehatan di RSUD Depok. “Semenjak kandungan istri saya berusia 32 pekan baru kelihatan, sebelumnya mah belum keliatan kalau istri saya mengandung tiga orang anak,” katanya.

Mendapatkan tiga anak kembar, memang sama sekali tidak terbesit dalam pikiran Ferry. Namun, memang ada faktor genetik atau keturunan dalam diri Fery yang merupakan keturunan kembar dua. “Walaupun anak pertama kami meninggal di usia tiga bulan, ternyata dengan izin Allah kami diberi ganti 3 anak sekaligus. Saya juga sebenarnya ada keturunan kembar juga,” imbuhnya.

Ketiga bayi kembar tersebut kini tengah mendapatkan Perawatan Metode Kanguru (PMK) agar berat badan ketiganya naik signifikan. Terlebih saat melahirkan berat badan bayi yaitu 1900 gram, 1800 gram dan 1900 gram.

Dokter Spesialis Anak RSUD Kota Depok, Indra Januwartri mengatakan, melalui metode ini bayi digendong menggunakan kain dengan skin to skin contact antara kulit bayi dengan kulit yang menggendong.

Kondisi bayi kembar tiga ini cukup baik, dengan refleks isap yang bagus, namun memang belum bisa pulang. Dari ketiga bayi itu, satu bayi masih dengan gula darah yang rendah, satu lagi ketika dilahirkan terlihat sesak, serta satu bayi lagi tidak ada keluhan yang berarti.

“Biasanya kalau di sini 3 hari sudah boleh pulang, mudah-mudahan kembar tiga ini bisa berangsur pulih. Kalau tidak ada masalah lagi sudah bisa dibawa pulang,” katanya.

Tim dokter yang menangani persalinan, Bagus Tri Rahardjo mengatakan, saat melakukan operasi cesar dirinya pun tidak menyangka, bahwa kandungan pasiennya memiliki tiga bayi kembar yang pertama wanita beratnya 1.900 gram. Kedua wanita berat 1.800 gram, serta ketiga laki-laki berat 1.900 gram dalam kondisi sehat. “Saya biasanya membantu persalinan hanya satu bayi atau maksimal dua bayi saja tapi ini ada tiga bayi,” tuturnya.

Awal memeriksakan kandungan sang bunda sudah masuk usia kandungan 32 pekan. Baru diketahui ternyata memiliki 3 bayi di dalam rahim. Selang dua pekan kemudian sang ibu mengeluh mulas, setelah diperiksa ternyata sudah masuk pembukaan 7.

“Karena usia kandungannya baru 34 pekan, bayinya kami berikan pematangan paru. Baru setelah itu, kami lakukan caesar. Bayi pertama perempuan lahir dengan berat 1800 gram, kedua perempuan juga dengan berat 1900 gram, dan yang ketiga bayi laki-laki dengan berat 1800 gram,” tandas dia.(ade)