AHMAD FACHRY /RADAR DEPOK LAUNCHING: Ketua Bawaslu Jabar, Hemanus Koto didampingi Komisioner Panwaslu Kota Depok dan Ketua KPU Kota Depok saat launching Pojok Pengawasan.
AHMAD FACHRY /RADAR DEPOK
LAUNCHING: Ketua Bawaslu Jabar, Hemanus Koto didampingi Komisioner Panwaslu Kota Depok dan Ketua KPU Kota Depok saat launching Pojok Pengawasan.

DEPOK Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Hermanus Koto, meresmikan Pojok Pengawasan di Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok, Rabu (27/12).

Hermanus menjelaskan, Pojok Pengawasan ini dibangun di seluruh kabupaten/Kota untuk ruang terbuka bagi seluruh masyarakat pemilih dalam hal pelaksanaan Pemilu yang ada di Jabar. Jadi seluruh masyarakat pemilih bebas datang ke Pojok Pengawasan untuk mendiskusikan masalah kepemiluan, melaporkan pelanggaran kepemiluan, menggali seluruh informasi terkait kepemiluan.

“Begitu juga bisa sebagai tempat studi mahasiswa yang sedang bikin skripsi atau tesis, untuk itulah kami siapkan Pojok Pengawasan di seluruh kabupaten/kota,” kata Hermanus kepada Radar Depok.

Setelah ini berkembang, lanjut Hermanus, pihaknya juga akan membangun perpustakaan Pemilu yang sudah lama ia cita-citakan, tetapi belum terbangun karena butuh waktu dan literature yang begitu banyak, serta proses Pemilu ini terus menerus, sehingga dari Pemilu satu ke Pemilu berikutnya kita lahirkan buku-buku kepemiluan.

“Buku-bukunya sudah banyak, buku pengawasan pemilu, buku pengawasan partisipatif, Pemilu Legislatif dan lainnya sudah kita lahirkan dan akan kami lahirkan buku kepemiluan sesuai pada saat itu, juga buku lahirnya Bawaslu di Jabar yang saat ini sedang kami garap,” ujarnya.

Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Slamet Permana mengatakan, ada beberapa fasilitas di Pojok Pengawasan, seperti dokumentasi atau foto-foto, struktural Bawaslu, perpustakaan mini, diagram informasi terkait Pemilu.

“Yang kita unggulkan itu sebetulnya kita punya multimedia, ketika pengunjung tidak bertemu petugas satupun mereka bisa saksikan video, slide yang ditampilkan seharian jalan, jam berapapun mereka datang, mereka mendapatkan informasi mengenai Pemilu,” kata Dede. (cky)