INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK DIWARNAI: Anak – Anak ikut ambil bagian dalam menghias kampung di RT1/4 Kelurahan Podok Cina, Kecamatan Beji.
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
DIWARNAI: Anak – Anak ikut ambil bagian dalam menghias kampung di RT1/4 Kelurahan Podok Cina, Kecamatan Beji.

DEPOK – Perkampungan berkonsep  warna – warni, sepertinya  sedang tren sekarang ini, terutama di kota depok yang belum lama ini terkenal dengan kampung 3D di kawasan Kecamatan Sukmajaya. Kelurahan Pondok Cina pun tidak ingin ketinggalan untuk menjadi salah satu kampung warna-warni.

Komunitas corat – coret Genk (Corenk), merekalah inisiasi gerakan penataan kembali wajah kampung di Kelurahan Pondok Cina untuk melaksanakan acara mewarnai kampung. Gerakan ini diselenggarakan di sepanjang Jalan Bungur dan Jalan Kalpataru, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji.

Koordinator Gambar Komunitas Corenk, Carly mengatakan, aksi mewarnai kampung tersebut, bertujuan merubah perwajahan kampung jadi lebih indah, dan lepas dari kesan kumuh.

“Selain warna, ada juga yang kita sampaikan, contohnya di kampung ini kita angkat pesan kearifan lokal betawi,” tuturnya, Senin (18/12).

Carly juga mengatakan, melalui kegiatan penataan kembali wajah kampung, juga dapat menjadi modal memunculkan daya tarik wisata ke Kota Depok, dan khususnya kampung itu sendiri. Total ada 30 titik yang digambar, yakni di tembok rumah ataupun di pagar beton, serta di jalanan.

“Kalau sudah jadi wisata, mungkin warga sekitar bisa buat kegiatan ekonomi kecil-kecilan,” jelas Carly.

Lebih jauh Carly mengatakan, dalam pengerjaan mural tersebut, Gerakan Corenk mendapat dukungan dari Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok (Disrumkim) Kota Depok, berupa alat mewarnai dan cat. Serta Komunitas Corenk juga mendapat bantuan dari masyarakat sekitar dan juga relawan – relawan dari berbagai universitas di Kota Depok, yang mahir dalam menggambar.

“ Desainnya dari Komunitas Corenk, nantinya para relawan dan warga yang menggambarnya sesuai tema yang sudah disepakati,” katanya.

Dia berharap, Pemkot Depok mednukung mereka dalam kegiatan yang lain juga, bukan hanya menghias kampung di Pondok Cina saja, tetapi seluruh wilayah Kota Depok dapat dipercantik oleh komunitas mereka.

“Selain kita gambar dan warnai, nantinya kita akan membuat taman minimalis berupa biopori dan yang lainya,” lanjutnya.

Pondok Cina terpilih menjadi tempat yang disambangi Corenk, karena lokasinya yang ada di titik terdepan Kota Depok. Selain itu di ujung Jalan Bungur, terdapat aliran Sungai Ciliwung yang sedang direncanakan menjadi salah satu daya tarik wisata.

“Diharapkan masyarakat jadi peduli dengan lingkungannya. Masa udah bagus begini masih tidak peduli,” tutur Carly. (cr1)