Potensi SAR Latihan Scuba Diving

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
TAMBAH ILMU: Instruktur dari Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok sedang menberikan materi kepada Anggota Potensi SAR Lintas Komunitas dalam latihan GABUNGAN Scuba Diving di Kolam Renang Tirta Gupti Kostrad Cilodong Kecamatan Cilodong, Kamis (30/11).

DEPOK – Meningkatkan kapasitas dan mempererat tali silaturahmi, Potensi Sar Lintas Komunitas mengadakan latihan gabungan menyelam (Scuba diving) di Kolam Renang Tirta Gupti Kostrad Cilodong, Kamis (30/11).

“Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas dan mempererat tali silarahmi antar potensi SAR,” kata koordinator kegiatan, Hidayat, kepada Radar Depok.

Pelatihan gabungan scuba diving, sambung pria yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Sahabat Ciliwung ini mendatangkan instruktur yang berkompeten di bidang penganggulangan bencana dan SAR, serta melibatkan peserta dari berbagai komunitas yang tergabung dalam Potensi SAR, seperti Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Sekber Sahabat Ciliwung, BPBD Kota Bogor, Damkar Kabupaten Bogor.

Kemudian, Baznas Tanggap Bencana, PMI Jakarta Selatan, Kalibaru response Unit, PMI Kota Depok, Pramuka Peduli Kota Depok, Ciliwung Rescue Community dan PSSR.

“Awalnya peserta kami batasi untuk 30 orang, tetapi karena animo yang tinggi, jadi ada yang datang pun kami sambut, namanya kan silaturahmi juga,” terangnya.

Ia menguraikan, kegiatan diawali dengan ramah tamah, kemudian setelah itu peserta diberikan materi terkait pengenalan alat, sosialisasi mengenai prinsip dasar dan prosedur scuba diving, teknik berenang dan berlatih dasar-dasar keterampilan menggunakan peralatan scuba diving dalam lingkungan di kolam renang.

“Untuk latihan perdana, diberikan pemahaman dan teknik dasar serta dilakukan di kolam renang dulu guna menjaga keselamatan peserta juga,” papar Dayat.

Demi meningkatkan tali silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan, pihak panitia pun menyiapkan nasi liwet, dimana anggaran dari tiap peserta yang hadir (sharing budget).

“Semoga kegiatan ini terus berlanjut demi menunjang SDM yang berkompeten, khususnya di Jabodetabek, serta menyamakan presepsi dalam penanganan kejadian di lapang, tandasnya.

Sementara, Instruktur dari Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Merdi Setiawan mengatakan, dalam pelatihan tersebut diajarkan pengenalan alat diving dan teknik-teknik dasarnya, seperti teknik pernafasan, teknik menjernihkan masker, teknik regulator cleaning, teknik regulator retrievall, teknik naik kepermukaan dan teknik berenang.

“Bagi yang sudah pernah snorkeling, teknik berenang untuk diving ini sama dengan tekni berenang untuk snorkeling, yaitu mengandalkan daya dorong kaki,” ucap Merdi. (cky)

You may also read!

banyak baliho calon walikota

Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Depok Mulai Hiasi Margonda

TERPAMPANG : Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota mulai menghiasi Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji,

Read More...
protokol kesehatan SDN Cipayung 4

Meski PJJ, SDN Cipayung 4 Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

BERSIH : Kepala SDN Cipayung 4, Juanda sedang mencuci tangan di lingungan sekolahnya, Kamis (27/08).

Read More...
kelurahan duren mekar swab test

ASN Kelurahan Duren Mekar di-Swab Test

DITES : Petugas Kesehatan Puskesmas Duren Seribu melaksanakan swab test terhadap ASN dan Non ASN

Read More...

Mobile Sliding Menu