Lurah Curug, Juanda
Lurah Curug, Juanda

DEPOK – Tidak dapat dipungkiri, masih ada masyarakat yang meramaikan malam pergantian tahun dengan memasang petasan maupun kembang api terbang. Namun, masyarakat tidak memikirkan efek dari penggunaan petasan maupun kembang api terbang, dapat membahayakan dan memicu terjadinya kebakaran.

Lurah Curug Juanda mengatakan, euforia pergantian malam tahun baru yang sebentar lagi akan tiba, tidak dapat dipungkiri masyarakat akan meramaikannya dengan berbagai cara dan kegiatan.

“Biasanya masyarakat meramaikan malam pergantian tahun dengan menyalakan petasan dan kembang api terbang,” ujar Juanda kepada Radar Depok, kemarin.

Juanda menjelaskan, fenomena tersebut masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan pemasangan petasan, maupun kembang api terbang. Menurutnya, hal tersebut dapat memicu terjadinya peristiwa kebakaran. Apabila sudah terjadi peristiwa kebakaran, masyarakat sendiri yang akan mengalami kerugian.

Juanda meminta, malam pergantian tahun dapat diisi dengan melakasanakan berbagai kegiatan positif, salah satunya dengan melaksanakan doa dan zikir bersama, untuk kebaikan masyarakat. Dengan begitu malam pergantian tahun dapat menjadi intropeksi diri masyarakat untuk melakukan perubahan positif.

“Kebaikan yang belum dilaksanakan tahun ini, dapat dilaksanakan pada tahun depan,” tutup Juanda. (dic)