Febrina/Radar Depok PROGRAM : Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Mafindo Chapter Depok di wilayah RW08 Kelurahan Kalibaru, Cilodong beberapa waktu lalu.
Febrina/Radar Depok
PROGRAM : Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Mafindo Chapter Depok di wilayah RW08 Kelurahan Kalibaru, Cilodong beberapa waktu lalu.

Dengan latar belakang keprihatinan dan kepedulian akan bahaya internet, terhadap kehidupan keseharian di lingkungan. Para relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) di daerah Depok, beritikad membentuk wadah Komunitas Internet Sehat yang dideklarasikan pada 16 Maret 2017.

Laporan : Febrina

 

Komunitas ini berganti namanya menjadi Mafindo Depok, mengikuti kesepatakan dengan induk organisasi Mafindo Pusat. Relawan Mafindo Chapter Depok akan roadshow ke 11 kecamatan di Depok dalam bentuk sosialisasi. Caranya dengan mengundang warga setempat, dan langsung diberi contoh dalam membedakan bahaya informasi yang harus disaring terlebih dahulu.

Kemajuan teknologi digital memang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya dalam berkomunikasi  juga kemudahan dalam mendapatkan informasi  terbaru. Beragam fasilitas yang diberikan para penyedia aplikasi di handphone seperti  Telegram, Line, What Apps dan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, You Tube, membuat pengguna ponsel pintar  nyaman berselancar di dunia maya, menjadi penunjang mudahnya sebuah berita menyebar kemana mana.

“Oleh karena itu disini Mafindo Chapter Depok hadir guna mengedukasi masyarakat dalam menghentikan hoax,” ujar Koordinator Mafindo Chapter Depok, Dariah.

Dariah mengungkapkan, tercatat Pengguna internet di Indonesia menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencapai 132 juta, dan 100 juta lebih menggunakan ponsel pintar. Jumlah  pengguna yang banyak inilah menjadi kemudahan sebuah informasi menyebar dengan singkat.

Kemudahan ini tentu menjadi nilai lebih ketika informasi yang disebarkan bermuatan postif berupa ilmu pengetahuan, informasi harga barang, informasi tentang pendidikan, pengasuhan anak, kewirausahaan, pertanian, teknologi dan informasi positif lainnya.

“Tentu akan menjadi hal yang sangat membahayakan jika yang tersebar itu adalah pornografi, Hoax, propaganda, atau disinformasi  bahkan agitasi, dengan tujuan pelemahan ideologi negara,” ungkapnya.

Mafindo Chapter Depok akan selalu bersineri dengan berbagai elemen di Depok seperti pemerintah, ormas, tokoh masyarakat, sekolah, dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya cerdas memanfaatkan internet dan bermedia sosial. “Akan kami rancang dalam bentuk kegiatan sosialisasi dan pesertanya langsung masyarakat terutama orangtua dan anak,” tutupnya.(*)