INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK TERPARKIR: Sebuah Beko terparkir di pinggir saluran anak Kali Cabang Tengah, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji.
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK TERPARKIR: Sebuah Beko terparkir di pinggir saluran anak Kali Cabang Tengah, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji.

DEPOK – Kerap meluap saat hujan tiba, saluran air anak Kali Cabang Tengah di Jalan Raden Sanim, RT01/10, Kelurahan Tanah Baru akhirnya diperbaiki.

etua LPM Kelurahan Tanah Baru, Abdullah mengatakan, saluran air tersebut sudah tidak layak, karena kerap meluap ke jalan bila musim hujan tiba. Hal itu lantaran saluran airnya tidak mampu menampung, karena kondisinya yang kecil.

“Kalau air sudah meluap dan menggenangi jalan, pasti jalanan jadi macet,” ucapnya.

Dia menambahkan, adapun perbaikan saluran tersebut berupa pelebaran saluran dan dipasangi box culvert dengan panjang saluran sepanjang 60 meter dengan lebar 80 sentimeter.

“ Box Culvertnya ukuran 80 x 80 centi meter, sudah cukup layak untuk menampung debit air di anak Kali Cabag Tengah,” ucap Abdullah.

Lebih jauh dia mengatakan, perbaikan saluran tersebut sempat mengalami keterlambatan diakibatkan adanya kesalahan pembuatan nomenklatur oleh konsultan perencanaan proyek, yang salah mengajukan perbaikan saluran menjadi penurapan.

“LPM tetap bersikeras untuk perbaikan saluran, bukan penurapan. Karena yang penting itu saluran ini,’ tambahnya.

Dia juga berpesan, para pengguna jalan Raden Sanim untuk sementara waktu mencari alternatif jalan lain. Pengerjaan perbaikan turap, terpaksa menutup sebagian ruas jalan, karena menggunakan alat berat berupa beko untuk memasang Box Culvertnya.

“Kira – kira akan memakan waktu selama 10 hari pengerjaannya,” tutupnya. (cr1)