RICKY/RADAR DEPOK ULANG TAHUN: Karutan Kelas IIB Kota Depok, Sohibur Rahman, bersama staf Rutan usai pesta ulang tahun kejutan di aula Rutan.  
RICKY/RADAR DEPOK
ULANG TAHUN: Karutan Kelas IIB Kota Depok, Sohibur Rahman, bersama staf Rutan usai pesta ulang tahun kejutan di aula Rutan.

Rumah Tahanan (Rutan) acapkali dicap sebagai momok menakutkan bagi sebagian masyarakat. Namun, sudah pasti hal tersebut tidak benar. Malahan, banyak sisi-sisi humanis yang tercipta, khususnya Rutan Kelas IIB Kota Depok. Ini tergambar dalam kejutan ulang tahun Sang Karutan.

LAPORAN : Ricky Juliansyah

Ulang tahun, menjadi momen spesial bagi anak cucu adam yang terlahir di dunia. Tidak hanya diri sendiri yang mengingat hari, tanggal, bulan dan tahun bersejarah bagi hidup orang tersebut, tetapi orang-orang terdekat mereka pun, yang care akan mengingat atau malah disiapkan pesta kejutan bagi orang itu.

Seperti yang dilakukan, jajarang pegawai Rutan Kelas IIB Kota Depok terhadap pemimpin mereka, yang tidak lain adalah Kepala Rutan Kelas IIB Kota Depok, Sohibur Rachman, yang Desember ini merayakan ulang tahunnya ke-41.

Tetapi, para staf tidak serta-merta membawakan kue begitu saja kepada pimpinan tercinta mereka. Sebelumnya dirancang skenario untuk membuat dahi Sohibur Rachman berkerut dahinya.

“Kami menyiapkan pesta kejutan bagi Ka.Rutan, tapi mau bikin bingung dulu ceritanya,” kata Kasubsi Pelayanan Rutan Kelas IIB Depok, Boy Guntur Sagara

Skenario yang dibuat, yakni membuatkan laporan bahwa ada kegaduhan terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang ada di rutan. Setelah itu, salah seorang staf melaporkan ke pada Karutan dan mengajaknya ke aula.

Kemudian, ditengah kepanikan Karutan, seluruh staf yang ada membuat kejutan dengan mendekor salah satu bagian aula dan membawakan kue ulang tahun. Dari kepanikan, seketika wajah Sohibur Rachman langsung berseri sambil tersenyum simpul akibat kejahilan para stafnya.

Menurut Boy, apa yang dilakukan staf Rutan merupakan bukti kasih sayang dan kecintaan serta hormat mereka terhadap pemimpin yang bijaksana dan bersahabat seperti Sohibur Rachman.

“Semoga Karutan panjang umur dan diberikan kebahagiaan di dunia dan akherat oleh Allah SWT. Pesta kejutan ini untuk pemimpin kami yang dianggap sebagai bapak kami sendiri,” ucap Boy.

Sementara itu, Sohibur Rachman mengaku cukup kaget dengan kejutan yang diberikan olehnya. Bagi dia, ini merupakan bentuk rasa sayang pasukannya kepada dia.

“Mereka (staf) sudah seperti keluarga sendiri. Setiap hari bertemu, bekerja bersama. Ya, terima kasih pesta kejutannya,” tandasnya sembari tertawa. (*)