Lurah Kukusan, Hasan.
Lurah Kukusan, Hasan.

DEPOK – Keamanan dan ketertiban lingkungan, bukan hanya menjadi tugas aparat keamanan saja, tetapi juga dibutuhkan peran serta masyarakat untuk medukung hal tersebut. Peran serta masyarakat dalam hal ini, misalnya pengurus lingkungan dapat meningkatkan keamanan, dengan melaksanakan kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) atau ronda malam.

Lurah Kukusan, Hasan mengatakan, untuk membantu program kerja Tiga Pilar di Kelurahan Kukusan, kegiatan siskamling menjadi salah satu cara untuk menjaga keamanan. Kegiatan itu peran serta dari masyarakat, sangat dibutuhkan agar siskamling dapat berjalan dengan baik.

“Kami sudah meminta pengurus lingkungan untuk melaksanakan dan membuat jadwal siskamling. Nantinya akan diikuti oleh seluruh warga di Kelurahan Kukusan,” ujarnya.

Dia menambahkan, siskamling menjadi solusi dalam mencegah terjadinya gangguan kamtibmas seperti pencurian, tawuran di malam hari, dan beberapa gangguan lainnya. Untuk itu, pengurus lingkungan baik RT maupun RW, diharapkan mengajak warganya untuk meningkatkan kegiatan siskamling tersebut.

“Dengan melaksanakan siskamling, masyarakat telah menjadi polisi bagi dirinya sendiri, keluarga, dan lingkungan. Selain itu, apabila masyarakat ingin berpergian dalam waktu lama, pastikan dahulu keamanan rumah,” katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, kegiatan siskamling dapat meminimalisir tingkat kejahatan yang akan terjadi di masyarakat. Dia juga menghimbau masyarakat, agar cepat melapor ke pengurus lingkungan  jika ada hal-hal yang mencurigakan.

“Selain itu masyarakat dapat melaporkan kepada pengurus lingkungan maupun tetangga sekitar untuk membantu pengawasan,” tutupnya. (cr1)