Beranda Satelit Depok Teladani Nabi Muhammad Dalam Bermasyarakat

Teladani Nabi Muhammad Dalam Bermasyarakat

0
Teladani Nabi Muhammad Dalam Bermasyarakat
Tokoh Agama Kelurahan Curug, Saefudin Al Curugi
Tokoh Agama Kelurahan Curug, Saefudin Al Curugi

DEPOK – Momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat dijadikan sebagai sarana dalam bermasyarakat. Keteladanan Nabi Muhammad, salah satunya sifat kejujuran dapat dijadikan contoh dalam kehidupan bermasyarakat.

Salah satu tokoh agama Kelurahan Curug, Saefudin Al Curugi mengatakan, semarak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan masyarakat Kota Depok, jangan hanya bersifat seremonial belaka. Masyarakat harus menjadikan keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam bermasyarakat.

“Banyak keteladanan Nabi Muhammad SAW yang dapat dipetik untuk bermasyarakat,” ujar Saefudin kepada Radar Depok, kemarin.

Saefudin menjelaskan, Nabi Muhammad SAW merupakan figur syamil wa mutakamil atau figur yang sempurna. Nabi Muahmmad SAW merupakan sosok pemimpin, seorang ayah, pengusaha, panglima, dan sosok yang hampir mewakili kebaikan di semua lapisan masyarakat. Satu kata kunci yang beliau selalu wasiatkan kepada umatnya, adalah menjadi pribadi yang jujur.

Saefudin menuturkan, semua pangkal kehidupan bermasyarakat adalah kejujuran, baik dalam sikap maupun perbuatan.

Nabi Muhammad pernah mengungkapkan bahwa amalan yang mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat adalah berprilaku jujur. Kejujuran dapat menyangkup seluruh aspek kehidupan, karena dengan kejujuran dapat menghiasi kehidupan dalam bermasyarakat.

“Untuk itu masyarakat dapat mengamalkan dan meneladani sikap jujur Nabi Muhammad SAW dalam bermasyarakat,” tutup Saefudin. (dic)