Febrina/Radar Depok UNGGULAN : Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, M Fitriawan (kiri) memperlihatkan salah satu produk unggulan UMKM yang ada di Depok.
Febrina/Radar Depok
UNGGULAN : Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, M Fitriawan (kiri) memperlihatkan salah satu produk unggulan UMKM yang ada di Depok.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar karya-karya atau produk-produk usaha mikro pada ajang tahunan Depok Expo. Pada tahun ini bersinergi dengan berbagai komunitas UMKM untuk berperan serta dalam meramaikan event tersebut, yang berlangsung selama tiga hari yaitu tgl 15-17 Desember 2017 di Depok Town Square.

LAPORAN : FEBRINA

 

Maksud penyelenggaraan ajang tersebut adalah untuk meningkatkan promosi dan informasi tentang produk – produk UMKM Kota Depok serta meningkatkan akses pasar produk UMKM Depok. Lebih lanjut, event ini diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan produk UMKM Depok, sehingga secara langsung meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan pelaku Usaha Mikro Kota Depok.

“Harapannya kedepan para pelaku ukm ini mampu meningkatkan lagi penjualan dengan promosi salah satunya pada ajang ini,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Fitriawan kepada Radar Depok.

Fit -sapaannya- menjelaskan, agenda utama event ini adalah gelar produk UMKM Depok baik kuliner, fashion maupun craft. Produk-produk merupakan produk unggulan dari pelaku wirausaha baru yg telah mendapatkan pelatihan dari Pemkot Depok maupun komunitas UMKM, seperti D’CW (Depok Creative Woman), IWAPI, IPEMI, UKM Pertanian, UBM (UMKM Beji), MAPAN (UMKM Pancoran Mas), Komunitas Jangkrik, dan lain-lain.

“Dengan adanya ajang ini diharapkan produknya mampu bersaing lagi,” ungkapnya.

Selain gelar produk UMKM, diadakan juga berbagai Talkshow yang membahas marketing online, aspek legalitas usaha hingga ketahanan keluarga dari sisi kesejahteraan. Berkenan memberikan materi adalah Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida. Gelar Depok Expo 2017 juga dirasakan oleh banyak pihak karena dimeriahkan oleh berbagai lomba yang sangat seru, yaitu lomba mewarnai atau menggambar, lomba daur ulang sampah, lomba band antar SMA, lomba qasidah, hingga pembacaan puisi oleh seniman Kota Depok.

“Banyak hal yang saling terkait, tentunya semua untuk kemajuan Kota Depok,” pungkasnya.(*)