Camat Pancoranmas, Utang Wardaya
Camat Pancoranmas, Utang Wardaya

DEPOK – Kemunculan geng motor yang kerap meresahkan masyarakat baru-baru ini, mendapat perhatian serius dari Camat Pancoranmas, Utang Wardaya. Sebagai pimpinan wilayah dia tidak hanya melakukan penguatan wilayah dengan melibatkan tiga pilar, tapi juga melakukan langkah preventif dengan merangkul kalangan remaja.

“Upaya preventif sudah sering kami lakukan bersama tokoh masyarakat setempat serta tiga pilar yaitu kepolisian, TNI dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Sebelumnya kami sudah pernah interogasi geng motor Jepang dan membubarkannya, saat didata sebagian besar anggota, merupakan warga luar Kecamatan Panmas,” ujar Utang.

Menyikapi fenomena geng motor ini, Camat Panmas berencana untuk memberi pemberdayaan kepada pemuda di wilayahnya, khususnya anak yang putus sekolah, agar bisa bermanfaat bagi masyarakat. Hal itu menjadi kewajiban pihaknya, baik secara kelembagaan maupun secara aktivitas sosialnya.

“Kita harus arahkan ke kegiatan yang produktif dan kreatif. 2018 nanti kami akan bekerja sama dengan Karang Taruna (Katar) untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan bagi pemuda, agar memiliki kegiatan positif,” jelasnya.

Nantinya, kata dia, pemuda yang telah dibina, bisa juga ikut bergabung dalam organisasi katar dan majelis taklim. Pihaknya menyebut, mereka yang terlibat dalam tindakan premanisme, karena tidak adanya sentuhan rohani dan pendekatan agama.

“Kami akan tanamkan sentuhan rohani. Karena ketika seseorang jauh dari agama, maka dapat terjerat dalam permasalahan sosial seperti narkoba, minuman keras dan seks bebas. Kita juga akan tingkatkan keamanan wilayah Panmas dengan mengimbau pemilik kontrakan menyeleksi penyewanya,” tutupnya. (cr1)