IRWAN/RADAR DEPOK AMANAH : Walikota Depok Mohammad Idris memberikan amanah kepada guru menjadi kelapa sekolah sebanyak 85 guru se-Depok, Jumat (5/1).
IRWAN/RADAR DEPOK AMANAH : Walikota Depok Mohammad Idris memberikan amanah kepada guru menjadi kepala sekolah sebanyak 85 guru se-Depok, Jumat (5/1).

DEPOK-Belum lama ini sedikitnya 17 guru SDN dan SMPN se-Kota Depok, diangkat menjadi kepala sekolah. Tak hanya itu, mutasi dan promosi yang berlangsung di Balaikota Depok ini juga terdapat 60 kepala sekolah (Kepsek) dimutasi dan delapan di-gurukan.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, guru yang diangkat telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan berlaku.

“Yang jelas, semua itu bukan dari hal yang tidak baik, namun memang hasil kerja dan didikasi pribadi masing-masing,” kata Idris, kepada Radar Depok.

Ia menyebutkan, kegiatan ini ada dua agenda yakni  pengangkatan dan mutasi guru se-Depok dari SDN dan SMPN totalnya 85 orang.

Menurut dia, kepala sekolah dan guru sebagai pahlawan pembangunan, memiliki peran penting memperjuangkan kesejahteraan di bidang pendidikan. Karena kesejahteraan secara umum bertumpu pada bidang pendidikan dan bidang kesehatan.

Menurut dia, kepala sekolah diberikan satu kali masa tugas selama 4 tahun dan dapat diperpanjang untuk satu kali masa tugas. Jika memiliki prestasi kerja minimal baik berdasarkan penilaian kinerja.

“Kepala Sekolah yang telah menjalankan dua kali masa tugas berturut-turut dapat ditugaskan kembali menjadi Kepala Sekolah di sekolah lain. Asalkan  memiliki nilai akreditasi lebih rendah dari sekolah sebelumnya,” terangnya.

Hal sama dikatakan, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Mohammad Thamrin. Kegiatan pengangkatan guru menjadi kepala sekolah sebanyak  17 guru yang menjadi kepala sekolah. “Sebanyak 68 orang dimutasi dan delapan kepsek menjadi guru,” tandasnya singkat. (irw)