Akhirnya, Jembatan Depok-Jakarta Dibangun 

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
MEMPRIHATINKAN : Sejumlah warga sedang melewati jembatan gantung dengan kondisi sudah tak layak yang menghubungkan wilayah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan dan Pasir Gunung Selatan, Kota Depok, kemarin.

DEPOK-Dua jembatan gantung reyot penghubung Jagakarsa, Jakarta Selatan dengan Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Cimanggis Kota Depok mendapatkan perhatian DKI Jakarta. Kabarnya, pembangunan akan dimulai tahun ini juga.

Ketua RT 11/02, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Hambali mengaku, menyambut baik akan dibangunnya jembatan penghubung dua wilayah RW 02 Srengseng Sawah dengan Kelapa Dua, Kota Depok. Jembatan yang berada di RT11/2 ini, kata dia, umurnya lebih dari 50 tahun. Melihat kondisi sudah memperhatinkan, kata dia, baru direnovasi pada 2007 karena ada banjir besar bekerjasama dengan warga Depok juga.

Semenjak 2013 pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) yang akan membangun jembatan, hingga saat ini belum juga terealiasi. Bahkan, warga sudah mengusulkan beberapa agar jembatan tersebut agar dibangun lebih layak lagi. Namun, entah kenapa hingga saat ini belum direalisasikan.

“Kami (warga) sudah beberapa kali mengusulkan melalui rembuk RW dan sudah diserahkan ke kelurahan. Tapi sampai saat ini belum juga dibangun,” kata dia kepada Harian Radar Depok, Selasa (23/1).

Sementara, Ketua RW2 Jagakarsa, Nenddy menyebutkan, jembatan gantung ini dibangun atas swadaya masyarakat. Jembatannya dibangun secara swadaya oleh masyarakat lebih dari 50 tahun lalu.

Sedangkan satu lagi di RT12 dibangun oleh warga sini dan Depok. Kedua jembatan ini berada di RT11 dan RT12, dan masih berada di lingkungan RW2. “Kemarin Pak Gubernur  Anies meninjau jembatan ini. Dan gubernur berjanji akan membangun jembatan permanen yang aman sebagai ganti jembatan gantung yang reyot,” kata dia.

Terpisah warga RT5/7, Kelurahan PGS, Kecamatan Cimanggis Matori Supian mengaku, jembatan gantung yang berada antara RT5 dan RW12 Jagakarsa ini sudah 20 tahun dan kondisinya sudah reyot.

“Jembatan ini kami bangun untuk keperluan aktifitas warga Depok sekolah ke Jakarta dan begitu juga warga Jakarta ke Depok melalui jembatan ini,” tutur Matori.

Jembatan yang hanya mengandalkan seng bekas drum hotmix, tali besi yang disankutkan di pohon kapuk, kata dia, pernah mendapatkan bantuan dari Gubernur DKI Jakarta yakni Joko Widodo.

Dana itu diperuntukan untuk perbaikan dan menganti tali besi dan lainya. “Perawatan kami bersama keluarga dan warga dengan mengantikan bambu yang sudah rapuh,” ucap dia.

Menimpali rencana pembangunan jembatan gantung, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto Jorgi mengapresiasi langkah DKI Jakarta atas kepedulian dan perhatian dibangunnya jembatan gantung perbatasan antara Depok dan DKI Jakarta. “Kami Pemkot Depok dalam hal ini Dinas PUPR Kota Depok sangat berterima kasih dan apresiasi yg setinggi-tingginya,” kata Manto.

Pemkot Depok pada prinsipnya siap berkerjasama dan mendukung sepenuhnya perbaikan jembatan-jembatan tersebut, sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Rencana pembangunan jembatan tersebut, kata dia, Kabid yang menangani jalan dan jembatan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta sudah mebghubungi DPUPR Depok. Sepakat dibahas di Badan Kerjasama Pembangunan (BKSP). ”Infonya Pemprov DKI akan bangun pada 2018 ini via dana CSR DKI Jakarta,” ungkap Manto.

Manto menambahkan, pekerjaan pembangunan jembatan ini sudah dianggarkan pada 2015 bantuan dari Pemrov Jabar. Tapi tidak turun karena terkendala payung hukum sebab para pimpinan belum menandatangankan. “Di 2016-2017 sudah ada. Tapi tidak dianggarkan, kami terima kasih atas perhatian rencana pembangunan jembatan itu oleh DKI Jakarta,” tandasnya.(irw)

You may also read!

alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...
kantor bawaslu depok ditutup

Ada yang Terkena Covid-19, Sekretariat Bawaslu Depok Tutup

TUTUP : Penampakan Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Depok di Jalan Nusantara Raya, Nomor 1 RT03/13

Read More...
penertiban masker di kecamatan bojongsari

66 Pelanggar Terjaring di Kecamatan Bojongsari

HUKUMAN : Anggota Satpol PP Kota Depok saat memberikan sanksi sosial kepada pelanggar yang tidak

Read More...

Mobile Sliding Menu