ASN Pria Dihadiahi Cuti Melahirkan

In Metropolis

DEPOK-Tidak hanya Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan yang bisa menikmati masa cuti melahirkan. ASN di Pemerintahan Kota Depok, pria pun bisa ambil cuti yang sama saat istri melahirkan. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti ASN.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan SDM BKPSDM Kota Depok, Selviadona mengatakan, di dalam peraturan BKN tersebut di lampiran huruf E angka 3, bahwa ASN pria yang istrinya melahirkan atau operasi caesar dapat diberikan cuti.

Alasan di dalam aturan itu sebut dia, karena penting dengan melampirkan surat keterangan rawat inap dari pelayanan kesehatan. “Kalau jumlah harinya tidak disebutkan berapa harinya,” kata Selviadona kepada Radar Depok, kemarin.

Aturan baru yang dikeluarkan tahun lalu sudah diimplementasikan di Pemerintah Kota Depok. Setiap aturan dari pusat yang baru tentang kepegawain pasti dilaksanakan sesuai aturan. “Sudah diterapkan kok di pemerintahan Depok,” ucap dia.

Cuti izin melahirkan bagi ASN pria jelas dia, tidak termasuk jatah cuti 12 hari selama satu tahun. Jadi cuti izin saat istri melahirkan berbeda dengan cuti tahunan. Sebab, cuti izin melahirkan bagi pria ini penting. Lalu kata dia lagi ada katagori izin cuti yang penting soal dirawatnya anak, istri, suami, orang tua yang sakit keras atau meninggal dunia. “Termasuk menemani istri yang melahirkan,” ungkapnya.

Terpisah, Anggota Komisi A DPRD Kota Depok, Fitri Hariono menilai cuti izin bagi ASN pria saat melahirkan istri melahirkan sudah sewajarnya.

Sebab, ini kebutuhan manusiawi karena istri sedang mempertaruhkan hidup dan mati untik melahirkan anak sebagai titipan Tuhan.

“Tapi cutinya di saat sang istri akan melahirkan saja. Misalnya sudah sembilan bulan atau lewat waktunya melahirkan,” tutup Fitri.(irw)

You may also read!

kebakaran di jalan juanda

Lapak Pedagang Kelapa di Jalan Juanda Terbakar

DITONTON : Petugas Pemadam Kebakaran Kota Depok sedang berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi di Jalan

Read More...
laporan muhammadiyah spanduk

Ada Spanduk Provokatif, Muhammadiyah Kota Depok Bersikap

LAPORKAN : Ahmad Dahlan (kiri) mendampingi Ali Wartadinata (kanan) saat membuat laporan terkait spanduk provokatif

Read More...
mahasiswa baru universitas jayabaya

FTI Universitas Jayabaya Terima 196 Mahasiswa Baru

PELANTIKAN : Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Jayabaya melantik mahasiswa baru di Tahun Akademik 2020/2021

Read More...

Mobile Sliding Menu