Batasi Penggunaan Gadget

In Politika
FOTO: Anggota DPRD Kota Depok, Yuni Indriani

DEPOK Penggunaan gadget dan Media Sosial (Medsos) memang ada dampak positif yang ditimbulkan seperti untuk media komunikasi, dan selain itu gadget juga efektif untuk pendidikan dan hiburan bernilai. Tetapi, orang tua pun harus membatasi dan memberikan aturan terhadap penggunaan gadget pada anak-anak.

Anggota DPRD Kota Depok, Yuni Indriani mengatakan, setidaknya membatasi penggunaan gadget pada anak dan harus bisa membuat gadget sebagai konsumsi atau kebiasaan yang sehat dan bermanfaat bagi keluarga khususnya pada anak.

“Kita misalkan saja deh, buatlah suasana seperti ketika mengatur pola makan sehari-hari, kapan waktu tepat memperkenalkan gadget pada anak, dan cara mencegah agar anak tidak ketagihan bermain gadget,” kata Yuni kepada Radar Depok, kemarin.

Politikus PDI Perjuangan ini melanjutkan, beberapa upaya yang harus dilakukan orangtua adalah memberikan batas waktu penggunaan gadget dan berselancar didunia maya melalui medsos-medsos yang ada.

Cara ini, harus dilakukan kepada anak guna untuk membangun keseimbangan dan membatasi penggunaan segala perangkat teknologi melalui sebuah kesepakatan bersama dalam keluarga.

“Karena jika terlalu sering menggunakan gadget saya yakin hubungan komunikasi didalam keluarga akan renggang dan berkurang. Saya kasih contoh peraturan sederhananya, misalnya dengan membuat jadwal tetap untuk keluarga berkumpul tanpa adanya penggunaan segala perangkat teknologi,” papar Yuni.

Kemudian, orangtua juga harus menjadi contoh yang baik untuk anaknya, mengajarkan anak untuk menjadi pengguna gadget dan medsos yang bertanggungjawab, memberikan gambaran sisi negatid multitasking kepada anak. Selain itu, orangtua harus menyesuaikan medsos yang akan digunakan untuk anak.

“Penggunaan gadget harus diawasi, dan akan-anak harus dikenalkan dengan permainan-permainan yang langsung melatih kemampuan verbal, fisik dan yang positif lainnya, seperti main petak umpet yang dulu menjadi primadona sebelum diambil alih gadget,” ujar Indah.

Anak-anak juga harus dikenalkan dengan kegiatan positif di luar, seperti olahraga, baik renang, kursus musik dan lainnya. Sehingga, anak tidak terpaku dalam penggunaan gadget.

“Mereka memiliki aktivitas lain yang positif dan dapat meningkatkan kemampuan fisik serta otak mereka,” ucap Yuni. (cky)

You may also read!

humaira juara medali

Humaira Az Zahra Bergelimang Prestasi

MENANG : Salah Satu Atlet Karate Putri Terbaik Kota Depok, Humaira Az Zahra saat memenangkan

Read More...
korona virus sampel ilustrasi

Waspada, Sehari Depok Tambah 61 Positif dan 1 Meninggal

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Masyarakat Kota Depok harus waspada dan jangan menyepelekan penyebaran Covid-19 di Kota

Read More...
SDN Tanah Baru 2 teknologi

SDN Tanah Baru 2 Siapkan E-Gredu

INOVASI : Kepala SDN Tanah Baru 2 menerima foam kerjasama dengan E-Gredu untuk digunakan dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu