IRWAN/RADAR DEPOK SIAP BEROPERASI: Mobil ambulan 119 milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok yang terpakir di Balaikota. Mobil ini siap melayani masyarakat 24 jam.
IRWAN/RADAR DEPOK
SIAP BEROPERASI: Mobil ambulan 119 milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok yang terpakir di Balaikota. Mobil ini siap melayani masyarakat 24 jam.

DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memberikan kemudahan bagi warga Depok ketika dalam kondisi gawat darurat, dengan menyediakan ambulance gratis 24 jam. Caranya cukup mudah, hanya dengan menghubungi 119.

“Kita siapkan posko di Balaikota Depok. Warga yang butuh mobil ambulance langsung hubungi 119. Tanpa dikenakan biaya pulsa,” kata Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Enny Ekasari, kepada Radar Depok, kemarin.

Enny menuturkan, pihaknya menyediakan dua unit ambulance di Balaikota. Ada 11 Puskesmas yang bisa membantu menangani warga saat membutuhkan ambulance.

Contonya, lanjut dia, bila warga Pancoranmas membutuhkan ambulance, maka kendaraan yang stay di Puskesmas Pancoranmas bisa dipakai. “Puskesmas sebagai satelitnya darutat dari 119. Kita komunikasinya dengan mengunakan HT,” kata Enny.

Ia menuturkan, berbagai peralatan medis tersedia di dalam ambulance 119, antara lain inkubator dan tabung oksigen.

“Kami fasilitasi sebaik mungkin untuk melindungi warga yang sedang darutat kesehatan,” katanya.

Supir ambulance 119, Abdul Majid mengaku sudah mulai menjalankan tugasnya sejak Desember. Dilakukan 24 jam nonstop dengan dibagi tiga waktu selama delapan jam.

“Kami layani jika ada warga menghubungi kami di 119. Kami sudah siap. Tentunya di ambulancer ada tim medisnya,” tandasnya. (irw)