FOTO: Anggota KPU Kota Depok, Ahmad Arif
FOTO: Anggota KPU Kota Depok, Ahmad Arif

DEPOK Setelah kantor Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) didatangi tim verifikasi faktual (Verfak) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok. Kamis (4/1), giliran Partai Garuda dan Berkarya yang akan diperiksa.

Komisioner KPU Kota Depok Divisi Hukum, Ahmad Arif menjelaskan, sesuai dengan jadwal yan telah ditetapkan, pada 30 desember – 12 Januari, pihaknya melakukan tahapan verifikasi faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, status kantor, dan pemenuhan syarat keanggotaan parpol tingkat Kota Depok.

“Rencana besok (hari ini) kami akan mengunjungi kantor Partai Berkarya dan Garuda,” kata Arif kepada Radar Depok

Tim verfak sendiri akan dipimpin langsung Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati didampingi rekan-rekan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok. Nantinya, lanjut Arif, tim itu akan mengunjungi dua parpol tersebut secara bergantian.

“Kemungkinan pagi ke kantor Partai Garuda dulu karena lokasinya lebih dekat dengan Sekretariat KPU, setelah selesai baru dilanjutkan ke kantor Berkarya di wilayah Kelurahan Pengasinan, Sawangan,” ujarnya.

Dalam verfak di kantor parpol, Arif menjelaskan, tim KPU hanya mencocokkan data yang sudah disampaikan ke KPU, tahapan ini untuk memastikan kesesuaian dengan faktual atau kebenaran di lapangan. “Mencocokan saja antara data dan faktualnya,” terangnya.

Ia mengungkapan, berdasarkan pengalaman melakukan Verfak untuk PSI dan Perindo, kendala yang dihadapi adalah mencari alamat dan menemui anggota parpol yang di faktual.

“Terkadang sulit ditemui karena kesibukan atau alamat yang tidak lengkap. Untuk itu, bagi yang anggotanya belum bisa ditemui, pihaknya meminta partai untuk membantu menghadirkan anggota yang tidak dapat ditemui,” ungkapnya.

Dalam tahapan verfak ini, Arif mengharapkan agar Parpol dapat mempersiapkan administrasi kepengurusan, kantor dan bukti keanggotaan partai yang akan lakukan verifikasi faktual dalam masa faktual ini.

“Dengan persiapan yang baik, tentunya akan memudahkan tim Verfak untuk melaksanakan tugasnya di lapangan. Karenannya kami mohon kerjasama dari setiap Parpol,” tandasnya. (cky)