Inspektorat Intens Pelototi OPD Pungli

In Metropolis
Kepala Inspektorat Pemkot Depok, Novarita

DEPOK-Tak ingin lagi melihat adanya Aparatur Negeri Sipil (ASN) Depok, yang senang mengutip pungutan liar (Pungli). Inspektorat Depok bakal meningkatkan pengawasan ke seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Inspektorat Pemkot Depok, Novarita mengatakan, pengawasan tersebut diutamakan kepada OPD yang mengurusi bidang perizinan, hibah dan bantuan sosial, kepegawaian, pendidikan, pelayanan publik, pengadaan barang dan jasa, serta kegiatan lainnya yang mempunyai risiko atau rawan penyimpangan.

“Seluruh kepala OPD harus ikut serta dalam mencegah terjadinya pungli di lingkungannya. Melalui kerja sama dalam pengawasan dalam mencegah terjadinya pungli,” ujar Novarita kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Novarita menjelaskan, pungli yang dimaksud merupakan pemberian sejumlah uang ke OPD guna memperlancar penyelenggaraan pelayanan. “Jika ada laporan nantinya inspektorat akan bertindak cepat kepada OPD yang diduga terlibat,” katanya menjelaskan.

Menurutnya, pungli merugikan masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan lebih fokus melakukan pengawasan dan sosialisasi terkait pungli kepada masyarakat. Sebab, jika warga mengerti dan memahami standar operasional prosedur (SOP), maka peluang terjadinya pungli sangat kecil dan bahkan tidak ada.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat jika menemukan adanya indikasi pungli, agar segera melaporkan ke inspektorat untuk ditindaklanjuti,” tegasnya.

Terpisah Anggota Komisi A DPRD Kota Depok, Hamzah mengatakan, aksi pengawasan pungli di tatanan OPD oleh Inspektorat Depok DPRD tentunya mendukung. Bahkan, pencegahan pungli menjadi pengawasan bersama. “Pengawasannya bersama itu harus yang terbaik untuk menjadikan Depok menjadi nyaman dan unggul dalam pelayanan publik,” tutup Hamzah. (irw)

You may also read!

banyak baliho calon walikota

Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Depok Mulai Hiasi Margonda

TERPAMPANG : Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota mulai menghiasi Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji,

Read More...
protokol kesehatan SDN Cipayung 4

Meski PJJ, SDN Cipayung 4 Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

BERSIH : Kepala SDN Cipayung 4, Juanda sedang mencuci tangan di lingungan sekolahnya, Kamis (27/08).

Read More...
kelurahan duren mekar swab test

ASN Kelurahan Duren Mekar di-Swab Test

DITES : Petugas Kesehatan Puskesmas Duren Seribu melaksanakan swab test terhadap ASN dan Non ASN

Read More...

Mobile Sliding Menu