DICKY/RADARDEPOK BERTEBARAN: Sejumlah kantong berisikan sampah yang bertebaran di pinggir Jalan Raya Arco, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
BERTEBARAN: Sejumlah kantong berisikan sampah yang bertebaran di pinggir Jalan Raya Arco, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK – Ada pemandangan tidak menyenangkan di Jalan Raya Arco, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari. Bukan karena penataan jalan. Namun, sejumlah kantong berisikan sampah bertebaran di pinggir jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Sawangan dan Bojongsari tersebut.

Salah seorang warga Kelurahan Duren Seribu, Ahmad Rojali mengatakan, banyaknya sampah di Jalan Raya Arco yang berbatasan dengan wilayah Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan merupakan ulah oknum pembuang sampah liar yang tidak mengindahkan akan pentingnya kebersihan.

“Hampir setiap hari ada sampah di pinggir Jalan Raya Arco,” ujar Ahmad kepada Radar Depok, kemarin.

Pria yang kesehariannya berjualan buah tersebut menjelaskan, umumnya kantong sampah yang dibuang di Jalan Raya Arco merupakan sampah rumah tangga. Dia tidak mengetahui siapa pembuang sampah di jalan tersebut. Hal itu dikarenakan, oknum pembuang sampah liar melakukannya pada saat menjelang pagi maupun waktu yang sepi disekitar Jalan Raya Arco.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Duren Seribu, Lukman Japet mengungkapkan, pembuang sampah liar diperkirakan masyarakat luar yang sedang melintas di Jalan Raya Arco. Apalagi, Jalan Raya Arco merupakan salah satu jalan yang sepi dan masih sepi penduduk, sehingga kurang pengawasan.

“Kalau ramai tidak mungkin berani orang membuang sampah,” terang Japet.

Japet menuturkan, untuk meningkatkan kebersihan, dia bersama pihak kelurahan telah mengajak pengurus lingkungan bersama masyarakat, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi, Kota Depok telah meraih Piala Adipura, sudah seharusnya masyarakat menjaga prestasi tersebut dengan meningkatkan kebersihan lingkungan. (dic)