FOTO: Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati
FOTO: Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati

DEPOK Sulitnya mencari alamat dan tidak kunjung bertemu dengan anggota yang didaftarkan dalam Sistem Informasi Politik (SIPOL) menjadi kendala dalam tahapan verifikasi factual.

Karenannya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok berencana melayangkan surat kepada Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kota Depok dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Depok untuk menghadirkan anggota yang didaftarkannya pada 4 Januari mendatang.

“Saat ini yang sedang di verifikasi faktual ada dua parpol, yakni Perindo dan PSI Kota Depo. Kendala yang terbesar yang kita cari (Alamat dan orangnya) belum ketemu,” kata Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati kepada Radar Depok, kemarin.

Ia menjelaskan, tahapan verifikasi faktua untuk kedua parpol tersebut dijadwalkan hingga 4 Januari mendatang. Untuk itu, pihaknya melayangkan surat kepada pengurus kedua parpol tersebut untuk menghadirkan pengurus atau anggotanya yang memiliki KTA resmi dan dimasukan dalam data Sipol.

“Masing-masing parpol kan antara 80-100 orang yang kita sampling secara random, atau sekitar 10 persen. Kami surati masing-masing partai untuk ditemukan dengan anggota yang dimaksud,” ujarnya.

Untuk 4 Januari, pihaknya akan melakukan verifikasi untuk Partai Garuda dan Partai Berkarya. Namun, untuk dua Parpol ini, pihaknya belum melayangkan surat untuk menghadirkan anggotanya.

“Kita coba dulu ke lapangan. Tetapi, setelah tidak bisa ditemui berkali-kali baru diberikan surat. Saat ini sudah ada empat parpol yang dijadwalkan verifikasi faktual, sekarang yang sedang berlangsungkan dua,. Sembilan parpol lain masih menunggu keputusan di pusat,” ucap Titik. (cky)