Lurah Depok Jaya, Mahindra
Lurah Depok Jaya, Mahindra

DEPOK – Keberadaan geng motor yang mayoritas beranggotakan anak di bawah umur, dinilai Lurah Depok Jaya, Mahindra harus menjadi perhatian serius para orang tua di Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas. Dia mengatakan, orang tua harus memberikan perhatian yang maksimal kepada anaknya, terutama di usia remaja agar tidak mudah terjerumus kepada hal – hal yang negatif.

“Usia remaja merupakan fase pencarian jati diri bagi anak – anak. Untuk itu, kita sebagai orang tua harus mengawal anak kita, agar tidak salah dalam memilih pergaulan,“ ucapnya.

Dia mengatakan, orang tua juga harus memenuhi kebutuhan anaknya, bukan memenuhi keinginan anaknya. Dia mengambil contoh orang tua yang memberikan anaknya yang masih dibawah umur dengan sepedah motor itu tidak tepat, padahal menurut undang – undang itu dilarang, dan juga berbahaya.

“Kalau tidak punya motor, kemungkinan untuk masuk geng motor itu sangat kecil,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, peran serta orang tua atau keluarga tidak hanya mengawasi kegiatan anaknya saja, tetapi juga harus memfasilitasi anak-anaknya, dengan fasilitas yang sesuai dengan usia anak tersebut. Selain itu, mengawasi aktivitas anak-anak mereka di luar rumah dan menjadikan rumah sebagai pilar pembinaan dan pengawasan anak-anak.

“Melalui fondasi keluarga yang kuat, saya yakin kenakalan remaja dapat teratasi dengan maksimal,” tutupnya. (cr1)