RICKY/ RADAR DEPOK AKTIF: Pengurus Katar Unit RW16 Kelurahan Tapos saat pelantikan di Lapangan Katar Enambelas di R16 Kelurahan/Kecamatan Tapos.
RICKY/ RADAR DEPOK
AKTIF: Pengurus Katar Unit RW16 Kelurahan Tapos saat pelantikan di Lapangan Katar Enambelas di R16 Kelurahan/Kecamatan Tapos.

Setelah dilantik pada 30 Desember lalu. Karang Taruna (Katar) Unit RW16 Kelurahan/Kecamatan Tapos membuat terobosan baru agar eksistensinya bisa diterima di masyarakat. Salah satunya dengan merangkul seluruh elemen pemuda di lingkunganya untuk berkegiatan Positif.

LAPORAN : Ricky Juliansyah

Di penghujung tahun 2017, tepatnya 30 Desember 2017, Katar Unit RW16 menginisiasi pertandingan sepakbola persahabatan bertajuk laga amal untuk Haikal Ramdani (7) yang terkena tumor ganas. Penggalangan dana tersebut sukses mengundang simpati dan donator untuk menyisihkan rejekinya guna membiayai pengobatan pasca operasi Haikal.

Setelah sukses menggalang dana, Katar Unit RW16 Kelurahan/Kecamatan Tapos, langsung melantik kepengurusan baru dimana pada periode 2017-2020 terpilih Gunawan sebagai ketua menggantikan Mansur.

Pemilihan sendiri dilaksanakan pada 9 September 2017 di Cisarua Puncak Bogor yang dihadiri 80 anggota dan undangan. Saat itu, ada empat kandidat yang maju dalam bursa ketua, yakni, Gunawan yang mendapatan 40 suara, Arief S 25 suara, Sopian lima suara, Eka Lucky dengan lima suara dan lima suara lagi abstain.

Ketua Katar Unit RW16 demisioner, Mansur mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan baru, dan mengharapkan agar kepengurusan periode saat ini dapat lebih memajukan Katar di RW16 Kelurahan Tapos.

“Selamat kepada Gunawan dan rekan-rekan pengurus yag telah dilantik. Semoga bisa lebih baik lagi dari periode sebelumnya. Mempertahankan memang sulit, tapi saya yakin dengan kekompakan pengurus pasti bisa memajukan Katar di RW16,” ucap pria yang akrab disapa Nacun.

Sementara, ketua terpilih Gunawan, untuk mewujudkan hal tersebut, katar berupaya merangkul seluruh elemen pemuda yang ada di RW16 Kelurahan Tapos agar bersatu dengan Katar Unit RW16..

“Di RW16 pemuda nya sangat potesial. Seperti saat menggelar laga amal, jika bisa merangkul semuanya, pasti pemuda di sini bisa lebih solid lagi,” jelas Gunawan.

Dia melanjutkan, tidak hanya organisasi pemuda saja, pemuda tongkrongan pun akan coba dirangkul Katar Unit RW16 Kelurahn Tapos.

“Karena mereka juga memiliki motivasi dan ide-ide kreatif yang nantinya bisa mengangkat pemuda RW16, bahkan Kelurahan atau Kota Depok itu sendiri,” tandasnya.

Sementara, Sekretaris Katar Kelurahan Pengasinan, Maman Maulana mengatakan, dalam susunan kepengurusan periode 2014-2017, Katar Pengasinan memiliki tujuh Seksi yakni, Seksi Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Usaha Kesejahteraan Sosial, Kelompok Usaha Bersama, Kerohanian dan Pembinaan mental, Olahraga, Seni Budaya dan Seksi Lingkungan Hidup

“Seksi Olahraga dan Seksi Seni Budaya kami pisah karena untuk memfokuskan bidang pekerjaannya,” kata Maman.

Maman menjelaskan, hal ini dikarenakan di Kelurahan Pengasinan terdapat kesenian pencak silat dari Perguruan Silat MS Jalan Enam.

“Jadi harus lebih dilestarikan dari kegenerasi kegenerasi, khususnya kepemudaan pengasinan dan sekitarnya. Pengurus MS Jalan Enam juga juga mendukung Katar. Kesenian khas Pengasinan ini yang harus diangkat,” tuntasnya. (cky)