Pendaftaran CPNS Dibuka Mei

In Metropolis

DEPOK-Peminat menjadi abdi negara pasti bejubel. Apalagi di Kota Depok. Kendati belum jelas kapan dimulai pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sudah memberikan sinyal positif. Pendaftaran bisa dilakukan setelah perhitungan kebutuhan jumlah PNS Maret hingga April 2018.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Depok, Supian Suri mengungkapkan, kekurangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Depok telah mengajukan ke Kemepan-RB sebanyak 100 orang.

Namun, untuk merekrut calon ASN di Pemerintah Kota Depok belum bisa memastikan pengumuman dan informasi terkait persyaratan dan jadwal pembukaan penerimaan calon ASN Depok. “Kami sudah ajukan penambahan ASN di pemerintahan kota ini. Lebih lanjut nanti kami umumkan,” singkat Supian kepada Radar Depok, kemarin.

Senada, Sekretaris BKPSDM Depok, Eman Hidayat menyebutkan, memang dari Kemenpan RB telah membuka lowongan atau penerimaan ASN se-Indonesia. “Tapi untuk jumlah kuota dan informasi masih nunggu kebijakan pusat,” kata Eman.

Terkait persyaratanya, kata Eman menunggu dan tergantung formasi yang diberikan dari Kemenpan RB. “Nanti kalau sudah ada informasi, kami berikan,” jelasnya.

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan akan kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Hal tersebut disampaikan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur.

Menurutnya, pemerintah akan membuka lowongan CPNS 2018 pada Mei 2018 mendatang. Lowongan calon abdi negara ini akan mulai dibuka pendaftarannya setelah perhitungan tentang kebutuhan jumlah pegawai negeri rampung pada bulan Maret hingga April 2018.

“Kalau penghitungannya Maret sampe April lah beres. Kalau pembukaannya ya setelah itu lah. Itu (pendaftaran) teknis lah,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta.

Lebih lanjut Asman mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penghitungan terhadap jumlah kebutuhan pegawai. Di mana nantinya, pihaknya akan menyesuaikan antara jumlah kebutuhan dengan jumlah yang diajukan oleh instansi tersebut. “Belum ada jumlah tetapnya. Masih dihitung sesuai kebutuhan. Kalau permohonan banyak jadi kebutuhannya lagi kita finalisasi berapa sebenarnya,” jelas dia.

Dari instansi yang mengajukan lanjut Asman, banyak daerah yang mengajukan permohonan pegawai negeri sipil. Khususnya kebutuhan-kebutuhan guru hingga tenaga perawat di daerah terpencil.

“Semuanya sih, saya enggak tahu siapa. Termasuk juga daerah. Daerah mengajukan juga, seperti tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, seperti Dokter, Bidan kemudian tenaga guru yang diterpencil,” jelasnya.

Selain jumlah kebutuhan akan pegawai, pihaknya juga akan melakukan perhitungan mengenai biaya untuk membuka lowongan CPNS 2018 nanti. Hal itu guna mengetahui dan menyesuaikan antara dan yang dimiliki dengan kebutuhan untuk penerimaan CPNS itu sendiri. “Tahun 2018, lagi dihitung kemampuan keuangan kita. Keuangan sudah memberi greenlikenya. Tapi berapa jumlahnya tentu sesuai kebutuhan,” jelasnya.(irw/JPC)

You may also read!

UP dilakukan secara daring

PKKMB UP 2020 Dilakukan Secara daring

BARU : Rektor UP, Prof. Dr. Wahono Sumaryono memberikan sambutan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru

Read More...
operasi yustisi di kota depok

506 Pelanggar Terjaring Operasi Yustisi di Depok

SANKSI : Kapolres Metro Depok, Kombes Azis Andriansyah didampingi Dandim 0508/Depok, Kolonel (Inf) Agus Isrok

Read More...
rilis polsek sawangan

Perampok di Bojongsari Sasar Tiga Lokasi

PERLIHATKAN : Kapolres Metro Depok, Kombes Azis Andriansyah menunjukan barang bukti yang digunakan pelaku perampokan

Read More...

Mobile Sliding Menu