DICKY/RADARDEPOK UNIK : Pohon Gerowak tumbuh rambut di salah satu pemakaman Islam Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
UNIK : Pohon Gerowak tumbuh rambut di salah satu pemakaman Islam Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK–Fenomena pohon berambut yang tumbuh diatas makam disalah satu pemakaman di wilayah Kelurahan Duren Mekar, Bojongsari, merupakan faktor alam yang tumbuh alami. Pohon berambut tumbuh dikarenakan dari faktor unsur Hara tanaman.

Ketua UKM Pertanian Kota Depok, Tanti Guntari mengatakan, fenomena pohon Gerowak yang terdapat helaian seperti rambut bukan hal yang mistis. Menurutnya, ada sejumlah jenis tanaman yang mengeluarkan rambut, baik dibatang pohon maupun buah.

“Itu (pohon berambut) alami karena unsur hara yang ada ditanah,” ujar Tanti kepada Radar Depok, kemarin.

Tanti menjelaskan, apabila diamati pohon berambut banyak ditemukan ditanaman yang berbatang keras, terutama tanaman yang sudah cukup tua usianya. Rambut ditanaman tersebut akan menyerupai rambut manusia, salah satunya di pohon belimbing juga pernah mengalami hal tersebut.

Tidak hanya itu, lanjut Tanti masyarakat dapat melakukan percobaan pohon berambut. Untuk melakukannya, masyarakat dapat menggunakan obat penyubur rambut yang disebar sekitar tanah maupun kayu pohon. Nantinya, pohon yang sudah tua dengan sendirinya akan keluar rambut.

“Di Jawa Tengah kerap ditemukan pohon berambut dan itu karena mengandung nutrisi yang lebih,” terang Tanti.

Tanti menuturkan, banyak hal lain tanaman bernutrisi karena rekayasa genetika maupun alami karena adanya sumber makanan yang ada di bumi. Apalagi, banyak ahli tanaman yang melakukan rekayasa kepada tanaman maupun pepohonan. Dia mencontohkan, seperti kedebong pisang Sun Pride dapat dibuat menjadi benih pohon pisang baru dengan hasil buah yang sama dengan induknya.

“Seperti di film Mutan akan banyak imaginasinya,” tutup Tanti.

Sebelumnya, di pemakaman Islam Kelurahan Duren Mekar (Dumek), Bojongsari ada yang aneh. Rambut yang bisa numbuh di kulit manusia, di pemakaman ini ada salah satu pohonnya numbuh rambut di batangnya yang cukup lebat, bak kumis. Pohon tersebut umumnya disebut masyarakat sekitar pohon Gerowak.

Warga Kelurahan Duren Mekar, Deden Taryana mengatakan, fenomena pohon Gerowak banyak memiliki helaian seperti rambut disekitar batang pohon, sempat menggegerkan warga Kelurahan Duren Mekar. “Awal mulanya ditemukan pada saat Ramadan tahun lalu,” ujar Deden kepada Radar Depok.

Deden mengungkapkan, pohon Gerowak tumbuh disalah satu makam yang sudah tua yang berada di Tempat Pemakaman Umum Islam diwilayah Kelurahan Duren Mekar. Pada saat itu, banyak warga yang berbondong-bondong ingin melihat fenomena keanehan pohon tersebut.(dic)