PPL Harus Tahu Info Sekecil Apapun

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
SIAP BEKERJA: Camat Tapos, Muchsin Mawardi, didampingi para lurah foto bersama dengan perwakilan Polsek Cimanggis, Koramil 06 Cimanggis, Panwascam Tapos dan anggota PPL usai pelantikan PPL se-Kecamatan Tapos di aula lantai 2 kantor Kecamatan Tapos.

DEPOK – Sebagai ujung tombak pengawasan Pemilu di tingkat kelurahan. Anggota Pengawas Pemilih Lapangan (PPL) tentu harus mampu menjalin komunikasi dengan seluruh stakeholder yang ada di wilayahnya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tapos, Junaedi, usai pelantikan anggota PPL se-Kecamatan Tapos di Aula Kantor Kecamatan Tapos, kemarin.

“Mereka harus menjalin komunikasi dengan seluruh stakeholder, juga kepada penyelenggara Pemilu ditingkatkannya,” kata Junaedi kepada Radar Depok.

Hal ini mutlak dilakukan, lantaran anggota PPL harus mengetahui informasi sekecil apapun dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu. Dalam hal ini, yang terdekat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

“Dari segi pengawasan, harus mengetahui situasi di lapangan terkait tahapan penyelenggaraan Pilgub di wilayahnya,” paparnya.

Kata dia, apa yang dilakukan baik di Panwascam atau PPL bukan berarti mencari-cari kesalahan pihak tertentu, baik penyelenggara maupun parpol. “Tugas kami lebih kepada memastikan agar segala tahapan berjalan dengan baik dan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Sebab, sambung dia, Pemilu yang berkualitas dan sukses dapat terwujud dengan tahapan atau proses yang baik pula.

“Yang dilihat bukan hanya hasil akhirnya, tapi prosesnya, ketika seluruh tahapan dilaksanakan dengan baik dan tidak ada penyimpangan, niscaya hasilnya akan mengikuti juga,” tukas dia.

Komisioner Panwascam Tapos, Abdusshomad menambahkan, adapun nama-nama PPL yang dilantik yakni, Suyatno (Cilangkap). Peri Sumantri (Cimpaeun), Erna Rusmanti (Jatijajar), Sopian Hadi (Leuwinanggung), Nina Novianti (Sukamaju Baru), Suyanthi (Sukatani) dan Udin (Tapos).

Ia menegaskan, terkait Pencocokan dan Penelitian (coklit) serentak nasional, seluruh anggota PPL yang dilantik sudah siap dalam proses pengawasannya. “Hari ini sedang mengikuti Bimtek di Wisma Hijau Mekarsari,” kata Abdus.

Ia melanjutkan, pihaknya berharap agar masyarakat juga turut berpsran aktif dalam membantu pengawasan dan menjadi mitra yang baik, untuk Panwascam atau PPK.

“Tugas kami memang sebagai penyelenggara Pemilu, tapi tugas kami akan lebih terbantu ketika masyarakat juga berperan aktif dalam tahapan Pilgub ini,” ucap Abdus.

Sementara itu, Camat Tapos, Muchsin Mawardi mengapresiasi seluruh tahapan seleksi hingga pelantikan yang dilaksanakan Panwascam Tapos untuk perekrutan PPL se-Kecamatan Tapos, karena melalui tahapan tes narkoba dan tes MPPI2 yang tes-nya mirip dengan tes jabatan setingkat eselon 3 di ASN.

“Selamat bertugas kepada rekan-rekan PPL. Semoga pelaksanaan Pilgub di Kecamatan Tapos, umumnya Kota Depok dan Jawa Barat dapat berjalan sukses,” ucap Muchsin. (cky)

You may also read!

berita acara bukopin

Pemerintah dan Regulator Menjaga Bukopin Dan Dana Nasabah

Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A. Purwantono.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Bank Bukopin baru saja selesai melaksanakan

Read More...
acara muharram di pengasinan

Satpol PP Kota Depok Tidak Tahu Ada Dangdutan di Muharram Pengasinan

UNDANG ARTIS : Kegiatan peryaan 10 muharam di Kelurahan Pengasinan.  FOTO : INDRA SIREGAR /

Read More...
acara muharram di pengasinan dibubarkan

Langgar Protokol Kesehatan, Polisi Bubarkan Acara Muharram di Pengasinan

UNDANG ARTIS : Kegiatan peryaan 10 muharam di Kelurahan Pengasinan.  FOTO : INDRA SIREGAR /

Read More...

Mobile Sliding Menu