Prajurit TNI Pastikan Netral

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
APEL SIAGA PILKADA JABAR: Komandan Kodim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto bersama Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, mengecek peralatan prajurit dalam agenda apel gelar pasukan pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, di Lapangan Makodim 0508/Depok, Jalan Pramuka, Pancoranmas, kemarin.

DEPOK Pagi itu, Jumat (19/1), cuaca tak begitu cerah. Awan mendung mengiringi apel gelar pasukan kesiapan pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) 2018, di halaman Makodim 0508/Depok, Kelurahan Mampang, Pancoranmas.

Riuh prajurit TNI dan anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok meneriakan yel–yel pembakar semangat sebelum apel dimulai. Tak lama apel siaga pun dimulai, sekira pukul 07:30. Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Iskandarmanto naik podium untuk memipin apel.

Iskandarmanto mengatakan, apel tersebut secara khusus untuk mengecek kesiapsiagaan semua yang terlibat, maupun sarana dan prasarana dalam rangka pengamanan Pilgub Jabar 2018 dan Pilbub Bogor 2018.

“Apel hari ini menunjukkan komitmen TNI, bersama stakeholder yang terlibat di dalam penyelenggaraan pemilu untuk menyatakan bahwa kita siap untuk melakukan pengamanan,” katanya kepada Radar Depok.

Lebih lanjut, kata dia, Kodim 0508/Depok akan menurunkan sekitar 650 orang prajurit untuk melakukan pengamanan. Mereka akan berjaga di setiap pos, sesuai dengan titik Koramil. Setiap pos berisikan 20 prajurit.

Ia pun menjamin bila prajurit TNI akan bersikap netral dan profesional dalam pesta demokrasi lima tahunan ini. “Jika ada anggota yang kedapatan tidak netral, maka akan diberikan sanksi tegas,” tegas dia.

Dirinya menambahkan, meskipun dalam pengamanan menitik beratkan pada kekuatan TNI-Polri, namun keterlibatan seluruh stakeholder juga diperlukan.

“Kita sudah mengecek kesiapsiagaan. Mulai dari jumlah personel, kekuatan personel, sarana dan prasarana,” ujarnya.

Pihaknya juga sudah memetakan kerawanan. Sebab hampir di setiap tahapan, mulai dari pendaftaran, kampanye, masa tenang, pemungutan suara, sampai penetapan ada potensi terjadinya kerawanan. “Kami sudah melakukan langkah-langkah dalam rangka mengantisipasi potensi kerawanan tersebut,”jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menyatakan, kahadirannya pada apel, dalam rangka melihat segala persiapan dari unsur vertikal.

“Semua ini dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan buat masyarakat. Makanya saya hadir disini. Hari ini saya ada di Makodim 0508/Depok. Sebelumnya, ada di Polresta Depok,” kata Pradi. (cr1)

You may also read!

PPP bergerak umat

PPP Depok Bergerak Bersama Umat

Sekretaris DPC PPP Kota Depok, Mamun Abdullah.     RADARDEPOK.COM, DEPOK - PPP optimis dapat memenangkan paket pasangan

Read More...
pradi peletakan batu pertama

Pradi Letakan Batu Pertama Posyandu RW2 Abadijaya

PERDANA : Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna meletakan batu pertama, pembangunan Gedung Posyandu di RW2

Read More...
mobil terbalik di pancoranmas

Sedan Hitam Terbalik di Rawa Denok

KECELAKAAN : Sebuah sedan hitam terbalik, saat melintasi Jalan Raya Keadilan, RT5/8, Rawadenok, Kelurahan Rangkapanjaya

Read More...

Mobile Sliding Menu