IST JUARA: Ferdiasyah Santosa dan Fahish Huwaida Abdillah bersama dengan Pembina SD Muhammadiyah Sawangan, Khaerudin (kiri) saat berada Ahmad Dalam Robotic Competition.
IST
JUARA: Ferdiasyah Santosa dan Fahish Huwaida Abdillah bersama dengan Pembina SD Muhammadiyah Sawangan, Khaerudin (kiri) saat berada Ahmad Dalam Robotic Competition.

DEPOK – Rentetan prestasi dalam bidang robotik terus ditorehkan siswa SD Muhammadiyah Sawangan. Kali ini, prestasi yang diraih oleh Ferdiasyah Santosa siswa kelas V dan Fahish Huwaida Abdillah Kelas IV tersebut, diraih di kompetisi Ahmad Dahlan Robotic Competition yang diadakan di Jogjakarta.

Tidak tanggung-tanggung prestasi yang diraih dalam ajang yang diadakan Universitas Ahmad Dahlan, yakni menjadi juara pertama di kategori Robot Sumo.

Pembina SD Muhammadiyah Sawangan, Khaerudin mengatakan, ini adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan, karena dalam kompetisi tersebut, persaingannya lebih ketat, dengan level nasional. Kompetisi tersebut diikuti sebanyak 122 peserta perwakilan dari pelajar SD dan SMP di seluruh Indonesia, dengan kategori Robot Sumo ada 47 peserta, kategori robot Line Followers ada 75 peserta.

“Lawan yang dihadapi adalah siswa yang tidak hanya berasal dari sekolah Muhammadiyah saja, tetapi sekolah lainnya yang berasal dari seluruh kawasan Indonesia,” ucapnya.

Khaerudin menjelaskan, dalam kompetisi tersebut, kedua siswanya berhasil menjadi juara setelah berhasil menyelesaikan desain robot sumo. Jadi, oleh panitia diberikan bahan-bahan untuk dirakit menjadi robot sumo, dan diberikan waktu untuk merakitnya. Bahan-bahan tersebut, ada terdiri dari banyak bagian, jadi peserta yang merupakan tim terdiri dari dua siswa, harus memilih dan merakit bahan tersebut.

“Tentunya diperlukan ketrampilan khusus untuk bisa merakit robot tersebut, karena siswa harus mengerti tentang peralatan robot dan juga fungsinya, sehingga bisa menjadi robot yang bisa bergerak,” jelasnya. (peb)