PEBRI/RADAR DEPOK LITERASI: Para peserta Kelas Menulis Buku dengan nama Sagu Sabu berfoto bersama.
PEBRI/RADAR DEPOK
LITERASI: Para peserta Kelas Menulis Buku dengan nama Sagu Sabu berfoto bersama.

DEPOK – PGRI Kecamatan Sawangan bekerjasama dengan Media Guru mengadakan Kelas Menulis Buku, dengan nama Satu Guru Satu Buku (Sagu Sabu). Kegiatan yang diadakan dari 6 – 7 Januari 2018 tersebut, diikuti 100 orang peserta.

Salah satu Panitia, Awang Abdurahman mengatakan, dari 100 peserta tersebut tidak hanya diikuti peserta dari kawasan Kota Depok saja, tetapi ada juga peserta yang dari luar Kota Depok, diantaranya ada yang dari, Bogor, Jakarta, Lampung, Jogjakarta, bahkan ada yang dari Jayapura.

“Dalam waktu yang sebentar, sudah berhasil menjaring 100 peserta. Mereka mengikuti pelatihan menulis selama dua hari,” ucapnya kepada Radar Depok.

Awang menuturkan, peserta yang hadir didominasi orang yang latar belakang bukan sebagai penulis, tetapi dengan penjelasan dari pemateri, diharapkan mereka tertarik untuk menjadi seorang penulis. Pemateri dalam kegiatan tersebut, yakni ada Eko Prasetio, Muhammad Ishsan, dan Yully Rachmawati.

“Yang paling menarik pada sesi kelas menulis, adalah segmentasi Mutilasi Naskah dan Sipnosis Terpilih,” tuturnya.

Di segmen Mutilasi Naskah, pemberi materi mengupas tuntas tentang naskah yang dibuat oleh peserta. Dimana, narasumbernya setelah itu memberikan arahan, bimbingan, dan mengkritisi naskah yang dibuat peserta secara spontan dalam kegiatan tersebut. Setelah itu, di segmen Sinopsis Terpilih, peserta menampilkan sinopsis yang dibuatnya, berikut dengan contoh cover dan judul yang dibuat peserta.

“Banyak peserta yang tidak menyangka kalau dirinya bisa menulis. Semoga saja kedepannya mereka yang ikut dalam kegiatan pelatihan, bisa membuat karya tulis yang berguna untuk orang banyak,” terangnya. (peb)