DICKY/RADARDEPOK NUMPUK: Sekretaris Kelurahan Duren Mekar,  Teguh Budiarto bersama staf tengah meninjau sampah liar di Jalan H Suhaemi terusan,  Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
NUMPUK: Sekretaris Kelurahan Duren Mekar,  Teguh Budiarto
bersama staf tengah meninjau sampah liar di Jalan H Suhaemi terusan,  Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK – Pemandangan kurang menyenangkan kembali muncul di Jalan H Suami terusan, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari. Musababnya, tumpukan sampah liar kembali muncul di jalan yang menghubungkan wilayah Kelurahan Duren Mekar dengan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari. Diduga, sampah tersebut berasal dari oknum pembuangan sampah liar dari luar wilayah Duren Mekar, kemarin.

Salah seorang warga Kelurahan Duren Mekar, Asroji (38) mengatakan, tumpukan sampah liar yang berada disisi Jalan H Suhaemi terusan bertolak belakang dari capaian Kota Depok meraih Piala Adipura tahun lalu. Setiap dia melintas di Jalan tersebut,  tidak sedikit tumpukan sampah liar berisikan sampah rumah tangga yang dibuang oknum pembuang sampah liar.

“Lumayan banyak sampah yang dibuang di pinggir Jalan H Suhaemi terusan, ” ujar Asroji kepada Radar Depok, kemarin.

Asroji menduga, banyaknya tumpukan sampah liar di jalan tersebut, karena minimnya pengawasan dan pembersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Setiap dirinya melintas di jalan terusan tersebut, tumpukan sampah mengalami penambahan dan tidak mengalami pengurangan. Untuk mencegah terjadinya penyakit berbasis lingkungan, dia meminta DLHK Kota Depok melaksanakan operasi sampah di Jalan H Suhaemi terusan.

Dari penglihatan Radar Depok, tumpukan sampah hampir ditemukan disetiap sudut Jalan H Suhaemi terusan. Selain sampah rumah tangga,  ditemukan juga sampah jenis pampers, bantal, guling,  dan berbagai sampah lainnya.

Sementara itu, saat Sekretaris Kelurahan Duren Mekar, Teguh Budiarto melakukan peninjauan di salah satu titik sampah. Teguh mengatakan, upaya mencegah pembuangan sampah liar di wilayah Kelurahan Duren Mekar, salah satunya Jalan H Suhaemi terusan telah dilakukan. Bahkan, disetiap pertemuan dengan pengurus lingkungan dan masyarakat telah disampaikan untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama di saluran jalan maupun kebun kosong.

“Kami telah mengajak masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah,” terang Teguh.

Teguh menuturkan, selain memberikan himbauan pihaknya telah melakukan kerja bakti bersama aparatur Kelurahan, pengurus LPM,  dan lingkungan membersihkan Jalan H Suhaemi terusan. Tidak hanya itu, pihaknya telah melakukan tangkap tangan kepada pembuang sampah liar dan mengajukan untuk mengikuti sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

“Bahkan Kelurahan mengadakan sayembara yang bisa menangkap akan diberikan imbalan,” tutup Teguh. (Dic)