IST BAKAT TERPENDAM: Siswa-siswi yang merupakan personil dari Band Cilik SDN Mampang 3 foto bersama dengan guru.
IST
BAKAT TERPENDAM: Siswa-siswi yang merupakan personil dari Band Cilik SDN Mampang 3 foto bersama dengan guru.

DEPOK – Demi menyalurkan bakat dan minat siswa, sekolah wajib memfasilitasinya salah satunya bisa melalui kegiatan ekstrakurikuler (ekskul).

SD Negeri Mampang 3 yang beralamat di Jalan Damai I, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas, memiliki empat ekskul, salah satu yang terkenal adalah Band Cilik.

     “Kami punya banyak siswa dan siswi yang berbakat di bidang seni yaitu musik. Kegiatannya dilakukan setiap hari Senin sampai Rabu,” kata Kepala SDN Mampang 3, Tarkim Kuswandi kepada Radar Depok.

     Tarkim mengakui, nama SDN Mampang 3 semakin melambung dan dikenal oleh masyarakat luas semenjak adanya Band Cilik.

Band ini terdiri dari 24 orang siswa yang dibagi kedalam dua tim. Masing-masing merupakan siswa dari kelas IV sampai VI.

“Kebanyakan personilnya perempuan, laki-laki hanya tiga orang (vokalis, drumer, keyboard). Siswa laki-laki kebanyakan minatnya di olahraga seperti futsal,” tambahnya.

Band Ciliki terbentuk berawal dari niat salah satu guru bernama Ma’mun. Selain menjadi guru, Ma’mun juga pecinta musik dan memiliki peralatan band cukup lengkap.

“Saya ingin SDN Mampang 3 maju, punya nama dan dikenal banyak orang. Saya mau siswa jadi kreatif dan mempunyai kelebihan selain di bidang akademik,” kata Ma’mun, menambahkan.

Selain mengikuti perlombaan, SDN Mampang 3 setiap tahun selalu diundang di Kelurahan  Mampang untuk ikut serta dalam perayaan HUT RI, HUT Kota Depok, dan memperingati Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Balaikota Depok.

“Desember lalu tampil di Balairung Univeritas Indonesia (UI) acara Islamic Book Fair (IBF). Banyak ikut lomba-lomba juga kita raih juara satu dan dua,” katanya.

Untuk mengasah kemampuan dan mengembangkan bakat siswa, setiap upacara hari Senin Band Cilik selalu tampil. “Mengiringi paduan suara,” kata Ma’mun. (cr3)