SANI/RADAR DEPOK IMPLEMENTASI: Salah seorang guru SDN Mekarjaya 21 menunjukkan lingkungan sekolah yang asri berkat program Semingsih.
SANI/RADAR DEPOK
IMPLEMENTASI: Salah seorang guru SDN Mekarjaya 21 menunjukkan lingkungan sekolah yang asri berkat program Semingsih.

DEPOK – Sekolah merupakan wadah yang dirancang untuk pengajaran siswa di bawah pengawasan guru.

Banyak cara sekolah untuk terlihat unggul dibanding sekolah lain, dan banyak cara juga untuk mencapainya. Setiap sekolah mempunyai program unggulan masing-masing, termasuk SDN Mekarjaya 21 Depok.

SDN yang terletak di Jalan Semar Raya, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, mempunyai program unggulan yaitu Seminggu Bersih

(Semingsih).

Program tersebut bertujuan agar lingkungan sekolah tetap terjaga, baik kebersihan lingkungan penghijauan dan juga kesehatan.

“Kalau sekolah lain punya Jumsih (Jumat bersih), kami punya Semingsih. Setiap hari bersih-bersih, dari Senin sampai Minggu. Tapi kalau Minggu penerapannya di rumah,” kata Kepala SDN Mekarjaya 21 Depok, Beti Nurbaeti kepada Radar Depok.

Program Semingsih berhasil membawa SDN Mekarjaya 21 meraih berbagai penghargaan, baik di tingkat kelurahan sampai Kota Depok.

Pada akhir 2017, SDN Mekarjaya 21 baru saja meraih juara dua lomba kebersihan tingkat kota.

Untuk menjalankan program Semingsih, pihak sekolah harus bekerja secara ekstra berawal dari mengimbau siswa agar mau membuang sampah dan memilah sampah sesuai pada tempatnya.

“Melaksanakannya juga dengan apa adanya, bukan mengejar untuk juara, sudah tertanam untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sekolah rapi dan bersih bukan untuk orang lain, tetapi untuk kita sebagai warga sekolah ini,” sambungnya.

Sebelum libur akhir semester ganjil lalu, siswa diimbau agar membawa botol bekas untuk menanam tanaman, dan setelah awal masuk sekolah siswa mengukur tanaman yang ditanam apakah mati atau tumbuh subur.

“Dengan sekolah yang bersih, seluruh warga di lingkungan sekolah juga sehat dan dapat membantu siswa untuk memiliki pikiran yang cerdas,” tutup Beti. (cr3)