Siswa PAUD Al Fattah Panen Kangkung

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
PRAKTEK: Siswa PAUD Al Fattah sedang memetik kangkung di kebun kawasan Kelurahan Grogol, Kecamatan Cinere, dalam program Field Trip Sahabat Cilik, Rabu (17/1).

Pendidikan tidak hanya berada di lingkungan sekolah. Tetapi bisa dilakukan di mana saja. Dengan dasar itu, PAUD Al Fattah yang berlokasi di Jalan Raden Sanim, Gg. Rawa 2, No.29, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji mengadakan program Field Trip Sahabat Cilik untuk 50 siswa.

LAPORAN: NUR APRIDA SANI

Siswa-siswi PAUD Al Fattah terlihat asik belajar di sebuah perkebunan di kawasan Kelurahan Grogol, Kecamatan Cinere, Rabu (17/1). Kegiatan tersebut sesuai dengan tema pembelajaran siswa, yakni tanaman. Di dalam tema ada sub tema menanam dan memetik.

“Ini adalah program rutin yang diadakan sekolah kami, untuk mengajak siswa mempraktekkan ilmu pengetahuan yang didapat dengan ke lingkungan,” ucap Kepala PAUD Al Fattah, Saanih Kurniawan.

Para siswa diajak memetik kangkung yang ada di kebun. Agar siswa berpengalaman bagaimana berkebun. Tentunya dalam kegiatan tersebut, guru ikut serta mendampingi dan memberikan arahan. Jadi, siswa diajarkan untuk lebih mandiri, karena orang tua tidak ikut.

Siswa dikenalkan dengan alam, mengenalkan proses tanaman kangkung dari bibit, lalu ditanam dan setelah sekitar 25 hari dengan perawatan yang baik baru bisa menjadi sayuran. Siswa juga membawa pulang kangkung tersebut, untuk dimasak bersama orangtuanya, lalu di hari berikutnya diadakan makan bersama di sekolah dengan sayuran yang siswa petik.

“Setelah mendapatkan penjelasan di sekolah tentang tanaman, siswa mempraktekannya. Jadi lebih melekat dalam ingatan siswa jika dilakukan secara langsung,” kata Saanih. (*)

You may also read!

sosialisasi RKAS di sawangan

Sekolah Butuh Guru, Berikut Prosedur untuk Rekrutmennya

SOSIALISASI : Kabid Pendidikan SD, Sada Sugianto sedang memberikan penjelasan tentang perubahan RKAS terkait pandemi

Read More...
kelurahan PGS kelurahan sehat

Langkah PGS Menuju Kelurahan Sehat

GIAT : Forum koordinasi Kelurahan Sehat, yang dilakukan di aula Kantor Kelurahan Pasir Gunung Selatan

Read More...
gurame raksasa di sawangan

Rayakan Pekan Muharram, Ikan Gurame Raksasa Diarak Keliling Pengasinan

KREATIF : Penampakan ikan hias gurame yang di arak warga memperingati santunan yatim di Jalan

Read More...

Mobile Sliding Menu