AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK ERROR : Warga sedang mencoba membuka situs portal online depok.go.id yang masih belum bisa diakses karena masih proses perpanjangan izin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
ERROR : Warga sedang mencoba membuka situs portal online depok.go.id yang masih belum bisa diakses karena masih proses perpanjangan izin.

DEPOK–Khalayak Kota Depok sedikit kecewa dengan layanan publik yang tertera di Depok.go.id. Keladinya, sudah dua hari website milik Pemkot Depok tersebut tidak bisa diakses. Alasannya, web yang berisikan informasi berupa layanan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sedang mengurus perpanjangan izin.

Salah satu warga, Yanti (23) mengaku, kecewa karena website resmi pemerintah Kota Depok tersebut tidak dapat diakses. Mengingat isinya merupakan program dan kegiatan Kota Depok serta informasi lainnya yang bertujuan sebagai penunjang informasi masyarakat.

“Tadinya saya mau lihat langkah pemerintah Kota Depok untuk mengantisipasi geng motor yang semakin merajalela, tapi pas mau buka (depok.go.id) kok nggak bisa,”  kata Yanti kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Yanti berharap pemerintah segera memperbaiki website tersebut, sehingga masyarakat dapat kembali mengetahui program dan rencana pemerintah sebagai eksekutor yang bertanggungjawab terhadap masyarakat. Apalagi dalam website tersebut ada sejumlah informasi layanan di setiap dinas. “Harus segera diperbaiki,” tegas warga Kelurahan Depok, Pancoranmas ini.

Menimpali hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Infromastika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan, hal tersebut dikarenakan sedang proses pengajuan perpanjangan izin.

“Iya betul, saat ini Depok.go.id sedang di maintenance, karena sedang perpanjangan izin,” kata Sidik saat dikonfrimasi Radar Depok, Rabu (3/1).

Untuk itu, Sidik mengatakan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Kota Depok atas ketidaknyamanan tersebut. Meskipun begitu, lanjut Sidik, ia mengatakan akan segera memperbaiki situs tersebut.

“Saya sudah perintahkan kepada kabid saya, agar proses perpanjangan izin ini tidak mengganggu jalannya website, mudah mudahan hari ini segera bisa tersambung kembali,” sambung Sidik.

Diketahui, website depok.go.id sudah tidak dapat diakses sejak hari Senin (1/1) hingga berita ini diturunkan, website pun tak kunjung bisa diakses.

Jika diakses melalui smartphone, dilayar muncul tanda seru dibalut segitiga merah dan bertuliskan “Koneksi Anda tidak pribadi” sedangkan jika diakses melalui PC, akan muncul tulisan “This Connection is Untrusted” yang dibarengi dengan logo petugas keamanan dibalut persegi berwarna kuning.

Menurut Anggota Komisi A DPRD Kota Depok, Fitri Haryono mengatakan, hal tersebut tidak sepatutnya terjadi. Mengingat website tersebut merupakan sumber informasi publik sehingga wajib hukumnya.

“Kalo perpanjangan ijin kan pasti sudah tahu bahwa ijinnya sudah mau habis, harusnya Diskominfo itu dapat mengurus ijinnya cepat, dan terkait pelayanan tidak boleh mati lah,” kata anggota dari fraksi PAN tersebut.

Senada, anggota Komisi A dari fraksi PKS, Qurtiva Wijaya mengatakan, perpanjangan seharusnya dapat dilakukan sebelum masa izin ata sewa hosting berakhir, untuk mengatisipasi hal yang tidak diinginkan terkait pelayanan publik.

“Dibutuhkan kepekaan, sehingga tidak ada jeda yang menyebabkan web tidak bisa dibuka,” kata Qurtiva saat dikonfrimasi Radar Depok.

Menurut Qurtiva, masa berlaku hosting merupakan hal yang rutin dilakukan setiap tahun, sehingga hal tersebut dapat direncanakan, “Ini kan setiap tahun pasti terjadi, jadi bisa direncanakan dan disiapkan jauh jauh hari,” pungkasnya. (ade)