Zaman Menentukan Pola Asuh Anak

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
PENGETAHUAN: Sekjen Komnas Perlindungan Anak, Dhanang Sasongko (berdiri) menyampaikan materi kepada peserta seminar parenting Mendidik Kids Jaman Now.

DEPOK – Perkembangan zaman yang tidak bisa dihentikan, tentu bukan hanya berdampak pada teknologi, tetapi juga harus ada pengadaptasian dalam hal pola asuh terhadap anak. Oleh karena itu, Karya Sahabat Indonesia (KSI) Provider, Institut PAUD, dan Komnas Perlindungan Anak (PA) mengadakan seminar parenting tentang ‘Mendidik Kids Jaman Now’.

Sekjen Komnas PA, Dhanang Sasongko. Dalam kesempatan itu, Dhanang coba menjelaskan tentang harus adanya perubahan dalam hal pola asuh anak di zaman sekarang ini. Karena, pola asuh anak sekarang tidak bisa disamakan dengan pola asuh di jaman sewaktu orang tua masih kecil dulu.

“Sekarang teknologi berkembang pesat, jadi orang tua harus bisa adaptasi dengan keadaan tersebut. Karena, anak sekarang sudah terbiasa dengan kecanggihan teknologi,” ucapnya.

Dhanang menuturkan, jangan salahkan teknologinya, karena hal tersebut tidak bisa dicegah. Orang tua harus bisa menyesuaikan dirinya dengan keadaan jaman sekarang. Orang tua juga harus paham dengan teknologi sekarang ini, jadi bisa mengawasi pergerakan anak. Tidak melarang, tetapi mengawasi dan memberikan pemahaman yang positif dengan teknologi tersebut.

“Jangan sampai orang tua memberikan anak handphone yang cangggih, tetapi orang tua tidak mengerti teknologi dari handphone tersebut,” katanya.

Dhanang menjelaskan, orang tua harus bisa menjadi sahabat anaknya, sehingga anak mnejadi merasa nyaman untuk berbagi cerita dengan orangtua. Dengan begitu, orang tua akan lebih memahami kondisi anak, dan tahu apa yang harus dilakukan untuk memberikan solusi yang terbaik.

“Anak-anak sekarang terkadang, dewasa sebelum waktunya. Jadi, orang tua harus bisa memahami kondisi anaknya,” jelasnya.

Ketua KSI, Saanih Kurniawan mengatakan, peserta seminar parenting adalah kalangan dari kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Tujuan, agar para pendidik dan orang tua mengetahui cara mendidik anak di jaman sekarang. Orang harus memahami jaman sekarang yang sudah mengalami banyak perubahan.

“Acara seminar parentingnya juga mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan Kota Depok. Jadi, dengan adanya seminar parenting ini, orang tua menjadi tahu perkembangan zaman sekarang dan mengetahui juga pola asuh yang sesuai atau tepat,” terangnya. (cr3)

You may also read!

kebakaran di jalan juanda

Ini Penyebab Kebakaran di Jalan Juanda Sampai Merugi Rp 80 Juta

DARURAT : Petugas Pemadam Kebakaran sedang memadamkan kebakaran api di Jalan Juanda, Minggu (6/9). FOTO

Read More...
kebakaran di jalan juanda

Lapak Pedagang Kelapa di Jalan Juanda Terbakar

DITONTON : Petugas Pemadam Kebakaran Kota Depok sedang berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi di Jalan

Read More...
laporan muhammadiyah spanduk

Ada Spanduk Provokatif, Muhammadiyah Kota Depok Bersikap

LAPORKAN : Ahmad Dahlan (kiri) mendampingi Ali Wartadinata (kanan) saat membuat laporan terkait spanduk provokatif

Read More...

Mobile Sliding Menu