26 Angkot-Puluhan Motor Ditilang

In Metropolis
IRWAN /RADAR DEPOK
BERTUGAS : Anggota Dishub dan Lantas Polresta Depok saat melakukan operasi gabungan di Jalan Margonda, kemarin.

DEPOK – Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polresta Depok menggelar operasi gabungan tertib lalu lintas di Jalan Margonda Depok, Kamis (22/2). Hasilnya, 26 angkutan umum (Angkot) yang tidak melengkapi surat dan puluhan motor terjaring.

Kepala Seksi Penertiban Lalu Lintas, Otong Heryanto menuturkan, operasi gabungan ini rutin dilaksanakan sesuai surat perintah. Tujuannya, untuk memeriksa kendaraan angkutan tak layak jalan, dan kendaraan sepeda motor yang tak memiliki surat-surat dikenakan tilang.

“Kita tindak angkutan umum saja dari Dishub, totalnya ada 26 angkutan umum yang tak melengkapi surat dan lainya,” kata Otong, kepada Radar Depok di lokasi operasi gabungan Jalan Margonda Raya, kemarin.

Angkutan umum yang ditindak tidak memiliki perlengkapan atau tak lolos uji kir, izin trayek, dan surat izin usaha angkutan umum (Sipa). “Kami tindak sesuai aturan,” ucapnya.

Dalam operasi gabungan ini Dishub menerjunkan 20 personel,  dan puluhan personel Lantas Polresta Depok.

Kepala Bidang Angkutan Dishub, Anton Tofani menyebutkan, sebanyak 48,90 persen badan usaha angkutan umum dalam kota telah memiliki badan hukum.

“Baru 1.395 kendaraan yang berbadan hukum, dari 2.853 kendaraan yang ada,” kata dia.

Untuk badan usaha pada trayek lintas batas atau mobil bus kecil, katanya, dari 3.620 kendaraan, baru 1.967 yang sudah berbadan hukum. Artinya sebanyak 54,34 persen.

“Kami terus melakukan upaya seluruh angkutan umum di Kota Depok dapat berbadan hukum. Meskipun saat ini hasilnya belum maksimal,” kata Anton.

Alasan belum maksimal karena terbentur dengan biaya, lantaran minimnya penghasilan pengendara angkutan umum.

“Tapi akan kami tindak tegas supaya tidak beroperasi selama belum memiliki status hukum,” katanya.

Wakil Kepala (Waka) Satlantas Polres Depok, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Untung mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan jajaran Polres Depok untuk memberikan pendidikan ke masyarakat, tentang keselamatan berlalu lintas termasuk pengendara mobil boks dan lainnya.

“Alhamdulillah, razia gabungan oleh Dishub Depok berjalan lancar dan aman puluhan pengedara sepeda motor yang tidak dilengkapi surat kendaraan dan kurang kelengkapan kendaraan, terpaksa dikenakan tilang,” kata Untung. (irw)

You may also read!

pengusaha depok berikan rapid test

Pengusaha Asal Depok Donasikan 5.000 Alat Rapid Test

PEDULI : Pengusaha asal Depok, Diana Dewi, saat mendonasikan 5000 alat rapid test ke Pemkot

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Tambah 185 Kasus Positif Virus Korona, DKI Tetap Jadi yang Tertinggi

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Berdasarkan data dari Pemerintah, Senin (20/04) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 185

Read More...
PGRI Tapos berbagi APD

PGRI Tapos Berikan 50 APD ke Puskesmas

KESELAMATAN : PGRI Kecamatan Tapos memberikan 50 paket Alat Pelindung Diri (APD) ke Puskesmas Kecamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu