DICKY/RADARDEPOK MELUAP: Sejumlah warga tengah melintas di Jalan Mawar RW04, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, yang meluap karena tidak tertampung di Kali Pesanggerahan, Selasa (13/2).
DICKY/RADARDEPOK
MELUAP: Sejumlah warga tengah melintas di Jalan Mawar RW04, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, yang meluap karena tidak tertampung di Kali Pesanggerahan, Selasa (13/2).

DEPOK – Terjadinya penyempitan dan pendangkalan yang terjadi di Kali Pesanggerahan bagian hilir di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPA Cipayung, Iyay Gumelar, bukan berasal dari sampah di areanya, tetapi menurutnya hal itu disebabkan sedimen lumpur dari arah bagian hulu kali tersebut.

“Bukan karena sampah TPA, karena kami rutin melakukan normalisasi kali disekitar TPA Cipayung, yakni Kali Pesanggerahan,” ujar Iyay kepada Radar Depok, kemarin.

Iyay menjelaskan, pengerukan sampah di TPA Cipayung yang dekat dengan Kali Pesanggerahan selalu dilakukan, untuk menghindari sampah jatuh ke kali tersebut. Selain itu, pihaknya juga telah melayangkan surat ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, untuk melakukan normalisasi Kali Pesanggerahan.

Iyay mengingat, DPUPR Kota Depok bersama bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BWSCC) pernah melakukan peninjauan di Kali Pesanggerahan. Namun, dirinya tidak mengetahui tindak lanjut dari hasil kunjungan tersebut.

“Kalau tidak salah pernah ditengok mudah-mudahan ada penangan untuk normalisasi Kali Pesanggerahan,” tutup Iyay. (dic)