DICKY/RADARDEPOK BATAS: Gapura batas antara Kota Depok dengan Kabupaten Bogor, sudah tidak terlihat Jalan Raya Ciputat-Parung, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
BATAS: Gapura batas antara Kota Depok dengan Kabupaten Bogor, sudah tidak terlihat Jalan Raya Ciputat-Parung, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK– Sepertinya gapura batas Kota Depok di wilayah Bojongsari harus menunggu waktu lama untuk dibuat lagi. Pasalnya, pembuatan gapura batas antara Kota Depok dengan Kabupaten Bogor tersebut akan dikerjakan pada 2022.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Dudi Miraz Imaduddin mengatakan, gapura batas merupakan petunjuk atau penanda gerbang Kota Depok. Keberadaan gapura dinilai bagian penting dalam estetika kota dan mempercantik penataan kota yang memiliki visi unggul, nyaman, dan religius.

“Sejak 2017 kami sudah membuat gagasan dalam pembuatan gapura batas,” ujar Dudi kepada Radar Depok, kemarin.

Pria yang pernah menjabat sebagai Camat Limo tersebut mengungkapkan, gagasan pembuatan gapura batas telah berkoordinasi dengan bagian aset Pemkot Depok. Terkait gapura batas diwilayah Kecamatan Bojongsari rencananya akan dikerjakan pada 2022.

Dudi menjelaskan, pembuatan gapura batas di wilayah Kecamatan Bojongsari, Pemkot Depok berkoordinasi dengan daerah perbatasan lainnya, seperti Kabupaten Bogor dan Tangerang Selatan. Rencananya, Pemkot Depok akan terlebih dahulu membuat gapura batas di Jalan Raya Margonda dan Jalan Raya Cinere.

“Gapura batas di Jalan Margonda dan Cinere akan dikerjakan pada 2019,” terang Dudi.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Depok, Yuni Indriyani menuturkan, gapura batas dinilai penting dalam sebuah kota, begitu juga Kota Depok. Hal itu sebagai penunjuk antara batas Kota Depok dengan Kabupaten Bogor, Tangerang Selatan, DKI Jakarta, dan Bekasi.

“Di Kecamatan Bojongsari perlu dibangun, karena daerah perbatasan,” ujar perempuan Dapil Sawangan, Bojongsari, dan Cipayung.

Yuni menilai, pembuatan gapura batas di Kecamatan Bojongsari terbilang terlalu lama apabila dikerjakan pada 2022. Namun, dia tetap mendorong dan mendukung Pemkot Depok yang akan membuat gapura batas keindahaan penataan kota. (dic)