DICKY/RADARDEPOK BATAS: Gapura batas antara Kota Depok dengan Kabupaten Bogor, sudah tidak terlihat Jalan Raya Ciputat-Parung, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
BATAS: Gapura batas antara Kota Depok dengan Kabupaten Bogor, sudah tidak terlihat Jalan Raya Ciputat-Parung, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK – Sudah sekian lama gapura pembatas antara Kota Depok dengan Kabupaten Bogor, di Jalan Ciputat-Parung, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, sudah tidak terlihat. Gapura yang dahulunya berwana biru tersebut harus ditanggalkan saat pengerjaan perbaikan jembatan Kali Angke.

Salah seorang warga Kecamatan Bojongsari, Sulaiman mengatakan, tidak adanya gapura pembatasan yang berada di Jalan Ciputat-Parung sudah terjadi hampir enam bulan lalu. Pencopotan gapura pembatasan, dikarenakan pada saat itu sedang dilakukan perbaikan jembatan di jalan tersebut.

“Waktu itu ada perbaikan jembatan Kali Angke yang mengalami kerusakan,” ujar Sulaiman kepada Radar Depok, kemarin.

Sulaiman mengungkapkan, gapura pembatas dinilai sangat penting sebagai penujuk warga yang melintas baik dari arah Kabupaten Bogor menuju Jakarta maupun arah sebaliknya. Warga yang melintas akan mengetahui bahwa telah memasuki wilayah Kota Depok atau telah meninggalkan wilayah Kota Depok.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi menuturkan, dihilangkannya gapura pembatasan selain dikarenakan perbaikan jembatan, gapura tersebut sudah cukup tua usianya, sehingga ada beberapa bagian yang mengalami kerusakan.

“Mungkin karena pertimbangan keselamatan pengendara gapura tersebut dihilangkan,” ucap Kahfi.

Kahfi menjelaskan, secara tidak langsung keberadaan gapura dinilai sangat penting, selain sebagai informasi kepada warga yang melintas, gapura pembatas menjadi salah satu batas antara Kota Depok dengan Kabupaten Bogor selain jembatan Kali Angke.

Kahfi berharap, Pemkot Depok dapat berinisiatif membangun kembali gapura pembatas diwilayah Kecamatan Bojongsari. Selain membangun gapura yang berada diwilayah Duren Mekar, Pemerintah Kota Depok membangun gapura diwilayah Kecamatan Sawangan dengan Pamulang Selatan, persisinya di Tugu Cinangka.

“Alangkah indahnya gapura pembatas selain ucapan juga ada papan informasi elektronik,” tutup Kahfi. (dic)