RICKY/RADAR DEPOK PEDULI: Kader Relawan Perempuan PKS Pondok Cina saat memberikan bantuan kepada warga bantaran Sungai Ciliwung yang sempat terendam banjir di wilayaj RW01 dan RW02 Kelurahan Pondok Cina, Beji.
RICKY/RADAR DEPOK
PEDULI: Kader Relawan Perempuan PKS Pondok Cina saat memberikan bantuan kepada warga bantaran Sungai Ciliwung yang sempat terendam banjir di wilayaj RW01 dan RW02 Kelurahan Pondok Cina, Beji.

Tidak hanya berkegiatan politik, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok pun kerap membantu masyarakat yang kesulitan dan terkena musibah. Seperti, Rabu (7/2), melalui kader relawan perempuan dari partai berlambang bulan sabit kembar Pondok Cina (Pocin) menyapa dan memberikan bantuan kepada korban banjir.

LAPORAN: Ricky Juliansyah

Masih terekam di memori ketika melihat berita, wilayah RW01 dan RW02 Kelurahan Poncin, Beji terendam banjir akibat Sungai Ciliwung meluap hingga masuk ke pemukiman warga.

Memang, ketika di Bendungan Katulampa Bogor sudah Siaga 1, debit air meninggi dan dalam hitungan 3-4 jam sampai ke Depok serta menggenangi wilayah bantaran tersebut.

Selang 2 hari diterjang air kiriman tersebut, relawan perempuan PKS Depok memberikan perhatian dan sentuhan dengan menyapa serta memberikan bantuan terhadap korban banjir.

Seperti yang dituturkan Ketua Unit Perempuan dan Ketahanan Keluarga (UPKK) PKS Pocin, Nurmalasari, kader relawan perempuan PKS Pocin yang ia pimpin berkeliling dan menyapa beberapa warga korban banjir di wilayah RW01 dan RW02 Kelurahan Pocin, Beji

“Ada 30 rumah yang kami sapa dan kunjungi”, kata Nurmalasari kepada Radar Depok, Rabu (7/2).

Menurut Nurmalasari yang akrab disapa bu Nunung ini, saat kader perempuan PKS menyapa dan terjun langsung ke korban banjir, mendapat tempat di hati masyarakat. “Warga merasa senang dan berterima kasih atas kepedulian teman-teman PKS Pocin,” ucap bu Nunung.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Ranting (DPRa) PKS Pondok Cina, Rohmat Yusuf mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan kelurahan dan LPM serta komunitas Kancil dan lainnya pada saat hari pertama sudah menyalurkan bantuan.

“Bantuan yang diberikan berupa nasi bungkus kepada korban banjir, pembelian nasi bungkus, makanan ringan untuk tim relawan,” papar Rohmat.

Sedangkan, sambung Rohmat, di hari kedua juga menyerahkan sejumlah dana ke posko banjir di kelurahan. Meski tidak besar. Namun, itulah kontribusi yang telah diupayakan untuk meringankan dan membantu korban banjir.

Selanjutnya Rohmat juga menghimbau kepada semua pihak, terutama kader PKS untuk kembali menggalang bantuan lagi untuk perbaikan pasca banjir. “Mungkin paska banjir ini masih banyak yang bisa dikontribusikan. Misal Cat utk rumah yg terendam banjir dan sebagainya,” pungkasnya. (*)