PEBRI/RADAR DEPOK KOMPAK: Tamu undangan, kepala SD dan guru-guru di Kecamatan Sawangan berfoto bersama usai pembukaan Lomba Pendidikan tingkat Kecamatan Sawangan.
PEBRI/RADAR DEPOK
KOMPAK: Tamu undangan, kepala SD dan guru-guru di Kecamatan Sawangan berfoto bersama usai pembukaan Lomba Pendidikan tingkat Kecamatan Sawangan.

DEPOK – Ada kabar baik untuk siswa-siswa yang menjadi peserta Lomba Pendidikan. Di tahun ini ada pemberlakukan baru untuk apresiasi prestasi untuk siswa yang berhasil menjadi juara di lomba pendidikan. Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, untuk tahun ini pemberian nilai tambah tidak hanya untuk siswa yang juara di tingkat Kota Depok saja, tetapi siswa yang menjadi juara di Lomba Pendidikan tingkat kecamatan juga akan mendapatkan penghargaan, yakni nilai tambahan untuk bekal melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

“Menjadi juara di tingkat kecamatan saja, bukanlah sesuatu yang mudah, karena harus bersaing dengan siswa yang lainnya. Jadi, perlu ada pemberian apresiasi untuk mereka yang juara, yakni nilai tambahan untuk naik ke jenjang pendidikan berikutnya,” ucapnya kepada Radar Depok pada saat pembukaan Lomba Pendidikan tingkat Kecamatan Sawanan di Lapangan Bedahan, Selasa (6/2).

Thamrin menjelaskan, dalam kegiatan Lomba Pendidikan, tidak hanya untuk sekolah negeri saja, tetapi sekolah swasta juga ikut serta. Oleh karena itu, nuansa kompetitifnya juga ada dari tingkat kecamatan. Dengan keberagamanan lomba yang digelar dalam rangkaian Lomba Pendidikan, tentunya akan lebih berpotensi untuk melahirkan siswa-siswa yang berprestasi.

“Apresiasi harus diberikan, agar mereka semakin termotivasi untuk menjadi yang terbaik, dan melatih potensi dan bakatnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Lomba Pendidikan tingkat Kecamatan Sawangan, Syamsudin mengatakan, Lomba Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, serta peradaban bangsa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Caranya dengan mengembangkan potensi siswa, agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa, dan berkualitas.

“Lomba pendidikan bersifat mendidik, dan menjadi suatu ajang meraih prestasi, sehingga Kecamatan Sawangan dapat berbicara banyak dalam prestasi di tingkat kota, provinsi, bahkan ke tingkat nasional,” jelasnya. (peb)